Analisis Pemasaran Digital yang Efektif pada UMKM Tyflorist.id

Antony Sentoso, Erika Chanada, Erika Chanada, Ferdianto Riady, Ferdianto Riady, Kevin Salim, Kevin Salim, Vincent Nicholas, Vincent Nicholas, Moderin Moderin, Moderin Moderin

Sari


Kemajuan teknologi digital menyebabkan internet berkembang dengan pesat. Bisnis pada saat ini dituntut untuk dapat memanfaatkan kecanggihan internet dengan baik. Pemasaran produk dengan metode konvensional sulit untuk mempromosikan produk dengan luas dan cepat. Diperlukan strategi pemasaran digital yang efektif agar dapat membantu peningkatan penjualan UMKM. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pentingnya pemanfaatan strategi pemasaran digital dan membantu UMKM dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Manfaat dari penulisan adalah menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya, memberikan wawasan kepada pembaca, dan memberikan pengetahuan kepada UMKM. Objek dalam penelitian adalah UMKM bernama Tyflorist.id yang bergerak dalam sektor jasa. Data diperoleh melalui data primer dengan wawancara dan data sekunder dengan mengumpulkan artikel, informasi, dan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Tyflorist.id kurang memanfaatkan strategi pemasaran digital sehingga UMKM perlu untuk mengoptimalkan pemasaran digital agar dapat meningkatkan penjualan.
Kata Kunci: Pemasaran digital, UMKM, teknologi digital

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aditya, R. (2021, September 7). Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif. Suara.Com.

Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) untuk Meningkatkan Penjualan Produk. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), 1(2), 6–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409

Atmaja, H. E., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Aspek Pemasaran UMKM di Masa Resesi Global Dampak dari Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 13(1).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th edition. Pearson.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang Dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.

Mashuri. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM di Era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28.

Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen (A. Rikki, Ed.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 49–54.

Setiawan, E. (2021). Pemahaman Masyarakat Tentang Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) , 12(2), 580–590. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jimat.v12i2.30643

Suprayogi, B., & Razak, A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Jurnal Produktif, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4678

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics