Pengaruh Jaminan Layanan, Brand Image, Harga, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dalam E-Commerce Shopee

Tri Yudha S, Mahmud Mahmud

Sari


Semakin banyak nya e-commerce saat ini membuat sebagian konsumen memilih untuk berbelanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh jaminan layanan, brand image, harga, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee dan manfaat untuk masyarakat supaya bisa lebih teliti memilih mana e-commerce yang memiliki jaminan layanan yang lengkap, dampaknya dengan adanya jaminan layanan pada suatu e-commerce membuat kekhawatiran akan barang tidak sesuai dan barang rusak tidak ada lagi. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu jaminan layanan, brand image, harga dan kepercayaan, variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuisoner. Sumber data yang diperoleh melalui kuisoner yang di isi oleh responden sebanyak 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jaminan layanan, brand image, harga, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Jaminan Layanan, Brand Image, Kepercayaan Konsumen

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alshare, F., Aljawarneh, N. M., Alomari, K. A. K., Alomari, Z. S., Albdareen, R., Alwagfi, A. A., & Alradaideh, A. T. (2020). Factors influencing cellular device purchase decisions in Jordan. Management Science Letters, 10(11), 2501–2506. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.045

Anggaranie, G. (2020). “Klasifikasi Bisnis e-commerce. Supply Chain Indonesia, 22–25. https://supplychainindonesia.com/wp-content/files/SCI_-_Artikel_Klasifikasi_Bisnis_e-commerce.pdf

Astuti, N. L. G. S. D., Widhyadanta, I. G. D. S. A., & Sari, R. J. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 897. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07

Berry, L. L. (2019). Service guarantees have a place in health care. Annals of Internal Medicine, 170(2), 116–117. https://doi.org/10.7326/M18-2412

Chang, K. C., & Cheng, Y. S. (2021). How online service recovery reviews influence behavioral intentions in the hospitality context: Regulatory focus and loss aversion perspectives. Journal of Hospitality and Tourism Management, 46(January), 440–455. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.01.014

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 7, No(3), 1–15.

Fandy Tjiptono. (2016). Service, quality & satisfaction. In ANDI Yogyakarta.

Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The Effect Of Brand Image And Product Quality On Re-Purchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1), 40–57. https://doi.org/10.5281/zenodo.3627548

Harahap, D. A. (2020). Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online. Majalah Info Brand, 1. https://infobrand.id/covid-19-dan-transformasi-saluran-pembelian-online.phtml

Indrasari, & Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In unitomo press (Vol. 13, Issue 1).

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 1–11.

Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550

Masita, I., Kamsul, A. R., Aidil, A. N., & Hanan, S. A. (2022). Jaminan Belanja dan E-Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus tentang Garansi Shopee. 12(2), 39–52.

Nasir, M., Adil, M., & Dhamija, A. (2021). The synergetic effect of after sales service, customer satisfaction, loyalty and repurchase intention on word of mouth. International Journal of Quality and Service Sciences, 13(3), 489–505. https://doi.org/10.1108/IJQSS-01-2021-0015

Othman, A. K., Faizah, L., Hassan, A., Anuar, M., Ibrahim, M., Saripin, M. S., Sazatul, N., Sapuan, A., Alam, S., & Roslan, Z. N. (2019). Factors That Influence Customer Loyalty in Using E-commerce. Journal of Islamic Management Studies, 2(2), 43–58.

Purnapardi, M. S., & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Product Quality dan Brand Image terhadap Repurchase Intention Produk Kosmetik Halal di E-commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 136–147. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p136-147

Purwaningtias, F. (2018). E-commerce Penjualan Berbasis Metode Ooad. Jurnal Cendikia, XV(April), 1–5.

Rintamäki, T., Spence, M. T., Saarijärvi, H., Joensuu, J., & Yrjölä, M. (2021). Customers’ perceptions of returning items purchased online: planned versus unplanned product returners. International Journal of Physical Distribution and Logistics Management, 51(4), 403–422. https://doi.org/10.1108/IJPDLM-10-2019-0302

Saiful Amin, S. (2021). Online Purchase Intention and Cyber Frauds during COVID-19. Trends Journal of Sciences Research, 1(1), 1–2. https://doi.org/10.31586/ujfe.2021.113

Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, Dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63. https://doi.org/10.21460/jrak.2017.131.281

Stouthuysen, K., Teunis, I., Reusen, E., & Slabbinck, H. (2018). Initial trust and intentions to buy: The effect of vendor-specific guarantees, customer reviews and the role of online shopping experience☆. Electronic Commerce Research and Applications, 27, 23–38. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2017.11.002

Suhartanto, D., Helmi Ali, M., Tan, K. H., Sjahroeddin, F., & Kusdibyo, L. (2019). Loyalty toward online food delivery service: the role of e-service quality and food quality. Journal of Foodservice Business Research, 22(1), 81–97. https://doi.org/10.1080/15378020.2018.1546076

Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 134–140. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.12806

Syahrudin; Karim, A. (2019). The Effect of " Axis Hits Bonus " Version Tagline Advertising and Ambassador Brand Against Axis Cards Awareness ( study in STIE Amkop Makassar Students ). International Conference on Materials Engineering and Management - Management Section, 75(ICMEMm 2018), 155–158.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4683

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics