Analisis Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar

Anita Anita, Ahmad AC, Muhammad Rusydi

Sari


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa dan mengetahui upaya yang dilakukan mahasiswa untuk memulai sebuah usaha. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomelogi. Informasi yang diperoleh berupa data-data tertulis maupun lisan dari informan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Wawancara. Jumlah responden sebanyak 10 responden yang terdiri dari 2 orang dosen Kewirausahaan dan 8 Orang mahasiswa Manajemen angkatan 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah Makassar dapat dilakukan dengan cara melakukan kuliah kewirausahaan yang terstruktur, KKP kewirausahaan, magang kewirausahaan, dan program kreatif mahasiswa sedangkan upaya mahasiswa dalam memulai bisnis dimulai dengan menemukan ide-ide produk terlebih dahulu, menemukan partner untuk bekerja sama, kemudian proses menciptakan produk.

Kata Kunci: Minat Wirausaha, Mahasiswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ardiani, W., & Putra, R. (2020). Faktor-Faktor Penguat Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Harapan Medan. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 20-30. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.134

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 98-114. http://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3985

Dewi, K. (2019). Peran mediasi self-efficacy pengaruh motivasi belajar terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.34006/jmbi.v8i1.60

Hasniati, H., Indriasari, D. P., Sirajuddini, A., & Karim, A. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1). https://doi.org/10.21512/bbr.v14i1.8936

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Karim, A., Ruslan, M., Burhanuddin, A., Taibe, P., & Sobirin, S. (2023). Contribution of Village Funds to Regional Economic Recovery in South Sulawesi Province. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 567-582.

Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341

Keinditia, R., & Kustini, K. (2022). Analisis Kemampuan Penggunaan Media Sosial dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 3526-3533. https://doi.org/10.37385/msej.v3i6.1113

Kumara, B. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dengan menggunakan media sosial. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 52-56.

Mardjuni, S., Thanwain, I. N., Abubakar, H., Menne, F., & Karim, A. (2022). BUSINESS SUSTAINABILITY IN FOOD AND BEVERAGE PROCESSING INDUSTRY THROUGH INNOVATION IN MAROS REGENCY, INDONESIA. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(6). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.6.85

Oei, A., Sendow, G. M., & Lumantow, R. Y. (2022). Pengaruh Motivasi dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1007-1017. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43201

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Serasi, 18(1), 35-46. http://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1040

Prilovia, H., & Iskandar, I. (2018). Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unswagati Cirebon. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan dan Sains, 6(2), 57-64. http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1510

Saâ, L., & Mahmud, A. (2019). Pengaruh penggunaan instagram dan efikasi diri melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18-32. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29758

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 294-296.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat, dan proses menuju sukses. Edisi revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Taufik, A., Azhad, M. N., & Hafidzi, A. H. (2018). Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 86-99. https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1881

Wahyuni, N., Kalsum, U., Asmara, Y., & Karim, A. (2022). Activity-Based Costing Method as an Effort to Increase Profitability of PT. Anugrah Ocean Wakatamba. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 14(2). https://doi.org/10.17509/jaset.v14i2.45642

Wardhani, R. A. N., & Rachmawati, S. (2019). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi terhadap minat untuk berwirausaha mahasiswa ikip pgri jember. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 52-57. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3836

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64-69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6

Yanti, A. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self-efficacy, locus of control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4689

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics