Penerapan 10 Area Pengetahuan Manajemen Proyek Pada Usaha “The Majun Coffee”

Stefhani Susanto, Fionna Angeline, Keltine Richelle Chan, Winky Winky

Sari


Limbah pangan seperti ampas kopi, limbah pakaian, dan tingkat pengangguran yang tinggi merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan. Dalam karya ilmiah ini, penulis menghadirkan sebuah produk yang diyakini dapat menjadi salah satu jalan dalam mengatasi kekhawatiran tersebut yakni The Majun Coffee. Produk The Majun Coffee yang dihasilkan dari proyek ini adalah sebuah pengharum kopi yang berasal dari limbah pangan dan pakaian yang telah kami kelola secara aman dan bersih menjadi suatu produk yang dapat digunakan kembali dan dapat menghasilkan keuntungan setiap pembelian produk ini, serta dapat menjadi suatu tindakan untuk mendukung kegiatan pengurangan limbah waste food dan juga material waste, serta mendukung dan menyediakan lapangan kerja. Untuk memaksimalkan pembuatan produk, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta metode penganalisaan data dengan metode analisa data sekunder. Dalam karya ilmiah ini, penulis akan memaparkan penggunaan 10 area pengetahuan dalam manajemen proyek yang diterapkan dalam bisnis produk The Majun Coffee dari tahap perencanaan hingga penyelesaiannya. Penulis mendapati bahwa penggunaan 10 area pengetahuan manajemen proyek tersebut sangatlah bermanfaat untuk membantu berjalannya usaha dan penulis harap The Majun Coffee mampu untuk mempertahankan apa yang sudah diterapkan dengan baik dan mampu untuk mengatasi kekurangan yang ada saat ini dan kedepannya. Penulis juga berharap besar agar The Majun Coffee dapat semakin berkembang dari semua sisi proses manajemen yang telah penulis kaji untuk menjadikan usaha The Majun Coffee menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Kata kunci: Manajemen Proyek, The Majun Coffee.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).

Al Farisi, Raisan. (2013). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan usaha. Bandung

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020, November). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp. 139-146).

Amstrong, Gary & Kotler, Philip. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Arianto, M., & Mahmudah, N. (2014, September). Analisis kepuasan konsumen di Jatiroso Catering Service. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan,1, 102-120.

Ariwibowo, P., Syahiddin, M., & Insana, D. R. M. (2022). Korelasi Blueprint Sumber Daya Perusahaan Dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Manifestasi Umkm Dengan Intervensi Strategi Bisnis. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 31-48. DOI : https://doi.org/10.26740/jepk.v10n1.p31-48

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Basu dan Hani. 2004. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Liberty.

Boone, Louis E., and Kurtz, David L., 2005., Contemporary Marketing, Ohio: Thomson South Western

Daulay, D. Dkk. (2017: 218, 219, 220, 222). Manajemen. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli, Medan

Diana, Anastasia. (2019) Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi : Penerbit Andi Yogyakarta

Dwi, Riyanti. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Grasindo.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaranjasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Moehyi, S. 1999. Penyelenggaran Makanan Institusi Dan Jasa Boga. Jakarta : Bhatara.

Nasution, M. Nur. (2005), Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia

Nurmagribah, M. (2006). Strategi pengembangan usaha: studi kasus pada Diana Bakery Kota Bekasi, Jawa Barat. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Jakarta. Url : https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/20723/1/MIRA%20NURMAGRIBAH-FST.pdf.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33-64.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2002). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa, Banyumedia, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4693

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics