Social Personality Of Upi Social Studies Students After Entering The Merdeka Campus Program
Sari
Kata Kunci: Merdeka Campus Program; Social Personality; Social Competence of Social Studies Teacher
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
A. a. Books
Artiningrum, Primi., Agustina Kurniasih., & Arissetyanto Nugrogo. (2013). Etika dan Perilaku Profesional Sarjana Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Creswell, John W. (2019). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Fatwikiningsih, Nur. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi
Harahap, Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing
Hutahaean, Wendy Sepmady. (2021). Teori Kepemimpinan. Malang: Ahli Media Press
Kewuel, Hipolitus K., Ary Budiyanto., Yusri Fajar., & Nindyo Budi Kumoro. (2017). Seri Studi Kebudayaan 1: Pluralisme, Multikulturalisme, dan Batas-Batas Toleransi. Malang: Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya
Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice. California: Sage Publications
Nugroho, Y. A. B. (2019). Kepemimpinan Untuk Mahasiswa: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Unika Atma Jaya
Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bandung: Bumi Aksara
Semiun, Yustinus. (2021). Teori-Teori Kepribadian Humanistis. Yogyakarta: PT Kanisius
Yusuf Syamsu., & Juntika Nurihsan. (2008). Teori Kepribadian Edisi ke-II. Bandung: Sekolah Pascasarjana Upi Dengan Pt Remaja Rosdakarya
B. b. Journals
Abiyuna, T., & Sapriya, S. (2018). Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 17. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1845
Anastasya, Y. A., Julistia, R., Astuti, W., & Rizqi, Z. N. (2022). Psikoedukasi untuk Meningkatkan Karakter Respect ( Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain ) di SMKN 5 Lhokseumawe Psychoeducation to Improve the Character of Respect ( Respecting Yourself and Others ) at SMKN 5 Lhokseumawe respect ( IOM Human Resources ,. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 2(1), 11–15.
Arsyad, A. T., Widuhung, S. D., Ekonomi, F., Al, U., Indonesia, A., No, J. S., & Selatan, K. J. (2022). Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 03(02), 88–97.
Bariyah, S. K. (2019). Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 228–239. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043
Blacksmith, N., Behrend, T. S., Dalal, R. S., & Hayes, T. L. (2019). General Mental Ability and Decision-Making Competence: Theoretically Distinct but Empirically Edundant. Personality and Individual Differences, 138(October 2018), 305–311. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.10.024
Fairuzzia, F., Haryono, L. A., Reonaldo, F. G., & Tiatri, S. (2022). Mbkm Mengajar Di Smp X Dki Jakarta : Manfaat Bagi Mahasiswa. Seri Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanegara Tahun 2022 (SERINA IV UNTAR 2022), 415–422.
Faridi, F. (2020). Urgensi Pendidikan Inklusif: Studi Kasus Pada Kegiatan “B’’ Religi" di SMA Negeri 3 Kota Malang.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 119–127. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.10125
Fauzi, T., & Sari, S. P. (2018). Kemampuan Mengendalikan Emosi Pada Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 1. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1497
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Berasrama. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 53. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.582
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Gunawan, I. M. S., & Huda, N. (2018). Menumbuhkan Empati sebagai Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Realita, 3(5).
Harahap, D. (2020). Teori Carl Rogers dalam Membentuk Pribadi dan Sosial yang Sehat. AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2, 321–334.
Latuserimala, G., & Salong, F. A. (2021). Studi Masyarakat Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Unpatti Ambon Tahun Akademik 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 1(1), 1–10.
Makiyah, Y. S., Mahmudah, I. R., Sulistyaningsih, D., & Susanti, E. (2021). Hubungan Keterampilan Komunikasi Abad 21 Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.9412
Mazrur, Surawan, & Yuliani. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 281–287.
Musa, M., Sukur, A., & Fitranto, N. (2019). Korelasi Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Terhadap Indeks Prestasi Akumulatif Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Peserta Kegiatan Outdoor Based Character Building (Obcb). Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 3(2), 164–172. https://doi.org/10.21009/jsce.03218
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389
Octavia, E., & Rube’i, A. (2019). Implementasi Sila Ke Empat Berlandaskan Pancasila Pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 149–164. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1261
Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733
Rahmawati, A., & Indah, N. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam Berkomunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 388–392. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2600
Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. (2022). Bimbingan Kelompok dalam Pemahaman Nilai Empati untuk Meningkatkan Sikap Prososial Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14. https://doi.org/10.29210/1202221496
Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Sofian Abdulatif, D. A. D. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(02), 103–109.
Solekhah, A. M., Athikah, T. P., & Istiqomah, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Empati terhadap Perilaku Prososial pada Anak Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang, 0291, 86–90.
Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.913
Susiati, S., Sumiaty, S., & Buton, L. H. (2022). Resiliensi Budaya Toleransi Beragama Masyarakat Multikultural Di Kabupaten Buru. Harmoni, 21(1), 151–156. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i1.574
Sutisna, R. (2022). Analisis Karakteristik Kepribadian Mahasiswa dengan Teori Kepribadian Humanistik Carl R . Rogers : The Fully Functioning Person dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bikotetik, 6(2), 68–78.
Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112–1119. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347
Utami, Y. Arif Purnomo, R. S. (2019). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Smp Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 40–52. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Verkuyten, M., & Killen, M. (2021). Tolerance, Dissenting Beliefs, and Cultural Diversity. Child Development Perspectives, 15(1), 51–56. https://doi.org/10.1111/cdep.12399
Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa di Universitas Potensi Utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4703
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.