Pengaruh Strategi Digital Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Moh. Febriyawan Pakaya, Zainal Abidin Umar, Endi Rahman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Digital Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mobil Honda di PT. Nengga Pratama Mobilindo, Dealer Mobil Honda Gorontalo) secara parsial maupun simultan. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 68 orang yang diperoleh proses sampling jenuh. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Mobil Honda di PT. Nengga Pratama Mobilindo Gorontalo sebesar 18,90%. Makna dari koefisien positif menunjukkan bahwa semakin baik Strategi Digital Marketing yang diterapkan oleh Marketing perusahaan maka akan mampu meningkatkan preferensi konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian Mobil Honda di PT. Nengga Pratama Mobilindo Gorontalo. (2) Citra merk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Mobil Honda di PT. Nengga Pratama Mobilindo Gorontalo sebesar 41,20%. Makna dari koefisien positif menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen Mobil Honda di PT. Nengga Pratama Mobilindo Gorontalo akan semakin meningkat ketika mobil Honda memiliki citra merk yang baik dan terpercaya oleh konsumen dengan berbagai fitur teknologi, variasi dan berbagai keunggulan merk lainnya. (3) Strategi Digital Marketing dan citra merk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Mobil Honda di PT. Nengga Pratama Mobilindo Gorontalo sebesar 60,10%. Sisanya sebesar 39,90% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor harga, kualitas dan performa produk, ulasan dan rekomendasi, preferensi pribadi dan faktor fitur dan teknologi produk.

Kata Kunci: Digital marketing, Citra Merk, Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad, Hermawan,. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Amstrong, Ferdinand,. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Kotler, dan Armstrong, 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, dan Keller., 2013. Marketing Management. 1 st Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip, 2000. Marketing Management, The Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics