Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Produk Xiaomi

Moh. Kifli Djamalu, Hapsawati Taan, Ramlan A . Isa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap minat beli produk xiaomi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu data yang dapat dihitung berupa angka-angka diperoleh melalui penyebaran angket penelitian terhadap pengguna atau yang pernah menggunakan smartphone xiaomi di daerah kota Gorontalo sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel yang dijadikan sebagai responden dari populasi yang tidak diketahui. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan (X) berpengaruh postif dan signifikan terhadap minat beli (Y) Smartphone Xiaomi. Nilai koefisien determinasi atau angka R Square yang diperoleh adalah 0,521 atau 52,1% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel Iklan (X) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 52,1% terhadap variabel Minat Beli (Y) dan 47,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel iklan (X) seperti Harga, Promosi, Citra Merek dan lain sebagainya. Semakin baik cara mengiklankan suatu produk, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan minat beli suatu produk.

Kata Kunci : Iklan dan Minat Beli

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdi, H. 2020. Liputan 6. 5 Kelemahan Hp Xiami dan Kelebihannya, Perhatikan sebelum Membeli. https://www.liputan6.com/hot/read/4325845/5-kelemahan-hp-xiaomi-dan-kelebihannya-perhatikan-sebelum-membeli diakses pada tanggal 20 februari pada hari senin pukul 19.00.

Cania, S. (2019). Pengaruh Advertising terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah di UIN Suska Riau) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen, 7(1), 16-26.

Mtw, E. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Sepeda Motor Pada CV Trio Motor Muara Teweh. Jurnal Ilmu Ekonomi (Manajemen Perusahaan) Dan Bisnis, 4(01).

Radjapati, T. Y., Tumbuan, W. J., & Soepeno, D. (2018). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Tobelo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Rokhim, A. (2019). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Dan Public Relations Terhadap Keputusan Menabung Di Pt. Bpr Sentral Arta Asia Lumajang.

Siamena, E., Sabijono, H., & Warongan, J. D. (2017). Pengaruh sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(2).

Silitonga, R. N. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo F1 Selfie Expert (Studi Kasus pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara).

Sunarto, S. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 35-43.

Taan, H. (2016). Peran riset pemasaran dalam pengambilan keputusan manajemen. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 11(2).

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal bisnis dan kewirausahaan, 6(2).

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89-96.

Tekege, O., Lengkong, V. P., & Trang, I. (2018). Pengaruh Kepribadian, Pengalaman Kerja, Kompetensi, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Nabire. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Wulanda, N., Wahab, Z., & Widad, A. (2019). Pengaruh harga, word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian dalam memilih event organizer (Studi kasus di Un Production). Journal of Management and Business Review, 16(1), 43-70.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics