Pengaruh Strategi Pemasaran Menggunakan Social Media Dan E-money Terhadap Impulse Buying
Sari
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Sosial Media berpengaruh terhadap Impulse Buying ditunjukan dengan nilai t hitung 2,889 lebih besar dari t tabel 1,661, sedangkan E-Money berpengaruh terhadap Impulse Buying dengan nilai t hitung 7,722 lebih besar dari t tabel 1,661. Sedaangkan hasil penelitian uji F menunjukan F hitung 29,407 lebih besar dari F tabel 3,09 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Sosial Media dan E-Money secara simultan mempengaruhi Impulse Buying pelanggan Café Justmie Kota Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Sosial Media dan E-Money dalam menjelaskan variabel Impulse Buying sebesar 0,547 atau 54,7% masuk kategori sedangkan, 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel cashback dan price discount.
Kata Kunci: Social Media, E-money, Impulse Buying
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Andriany, D., Arda, M. (2019). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial.” Prosiding Frima (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi) 6681(2):428–33. Https://Doi.Org/10.55916/Frima.V0i2.65.
Angela, V., Paramita, E. (2020). “Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z.” Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen 10(2):248–62. Https://Doi.Org/10.37932/J.E.V10i2.132.
Abidin, M. (2020). “Dampak Kebijakan E-Money Di Indonesia Sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru.” Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya 274–82.
Aldila, N. (2022). “Aktivitas Ekonomi Melemah Di Seluruh Kawasan Pada Agustus.” Bisnis Indonesia, September.
Annisa, N. (2021). “Pengaruh Media Sosial Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Pada Produk Fashion Romp Di Kota Medan.” 2:1–13. Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Handle/123456789/16127.
Arifin, M., Oktavilia S. (2020). “Analysis The Use Of Electronic Money In Indonesia.” Economics Development Analysis Journal 9(4):361–73. Https://Doi.Org/10.15294/Edaj.V9i4.39934.
Azizah, I., Indrawati. (2022). “The Influences Of Flash Sale Promotion On Shopping Enjoyment And Impulse Buying Of Shopee Consumers Indonesia.” 6(3):2055–72. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V6i3.2394.
Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian D., Amelia M., & Suryani A. (2021). “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 6(1):1–12. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V6i1.9471.
Febriani, S., Purwanto N. (2019). “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang.” Jmd: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 2(2):53–62. Https://Doi.Org/10.26533/Jmd.V2i2.372.
Hidayat, R., Nursetiawan, I. (2022). “Strategi Pengelolaan Aset Desa Berbasis Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa ‘Sipades’ Di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi ….” … : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 8:317–28. Https://Doi.Org/10.25157/Moderatjurnalilmiahilmupemerintahan.V8i2.2706.
Ivana, I., Chandra, W., Sutarno, S., Vincent W., & Hutabarat, F. (2021). “Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (Sensasi) Penerapan Strategi Pemasaran Pada Pt Karya Sukses Usaha Mandiri Medan.” Agustus 281–84.
Jalal, A., Rokan, M. (2022). “Implementasi Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Pulo Brayan Dalam Peningkatan Pembiayaan Usaha Mikro.” Jurnal Penelitian Administrasi Publik 2(8.5.2017):2003–5.
Kazi, A,. Khokhar, A., Qureshi, P., & Murtaza, F. (2019). “The Impact Of Social Media On Impulse Buying Behaviour In Hyderabad Sindh Pakistan.” International Journal Of Entrepreneurial Research 2(2):8–12. Https://Doi.Org/10.31580/Ijer.V2i2.907.
Kusnandar, V. (2022). “Transaksi Belanja Pakai E-Money Capai Rp305 Triliun Pada 2021.” Databoks.Katadata.Co.Id.
Kamhar, M., Lestari, E. (2019). “Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi.” Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(2):1–7.Https://Doi.Org/10.33366/I1g.V1i2.1356.
Kotler, Philip, & Keller, L. kevi. (2016). Marketing Management,15th Global Ed. In General Equilibrium Theory.
Muhazir, A., Irawan F,. & Fadhilah A. (2022). “Strategi Komunikasi Kpu Kabupaten Banyumas Dalam Sosialisasi Pilkada 2018 Dan Pemilu 2019 Kepada Kelompok Disabilitas.” Jurnal Ilmu Komunikasi Progressio 3(1):1–24.Http://Doi.Org/10.52429/Progressio.V3il.839.
Mardia Mardia, Moses Lorensius Parlinggoman Hutabarat, Mariana Simanjuntak, Rosintan Sipayung, Liharman Saragih, Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Sulasih Sulasih, Rahman Tanjung, Irdawati Irdawati, David Tjahjana, Andriasan Sudarso, Diena Dwidienawati, Ince Weya. 2021. Strategi Pemasaran. Edited By Ronal&Jenner. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Mendo A., Niode, I., & Kango, U. (2022). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Edited By Raflin Hinelo. Ntb: Yayasan Hamjah Diha.
Megowati, R. (2020). “Pengaruh Discount Dan E-Money Terhadap Perilaku Impulse Buying Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna Aplikasi Ojek Online Di ….” Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis ….
Mohamad, R., Niode, I. (2020). “Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo.” Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis 13(1):1–14.Https://Doi.Org/10.37479/Jkeb.V13i1.7062.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sositeknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Noemie, M. (2018). “Impact Of Social Media On Ustomers’ Purchase Decision.” International Journal Of Global Business Management And Research 5(2):45.
Pratama, A. (2019). “Efektivitas Akun Instagram @Dishubjar Milik Humas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Terhadap Kepuasan Perolehan Informasi Di Kalangan Followers Nya.” Skripsi Universitas Komputer Indonesia (X).
Ramadhan, N. (2022). “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadi’ah Pt Bank Syariah Tbk Kcp Medan Pulo Brayan.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem) 1(1):129–38.
Riyanto, A. (2022). “Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2022.” Andi.Link.
Rohmah, Y., Tristiarini, N. (2021). “Pengaruh Sistem Pembayaran E-Money Dalam Era Digital Di Tengah Wabah Covid-19: Studi Kasus Pada Masyarakat Semarang.” 22(01):414–25.
Sihaloho, J., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara.” Manajemen Bisnis 17(2):287–97.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.
Thakur, C., Diwekar, A., Reddy, B., & Gajjalah, N. (2020). “A Study Of The Online Impulse Buying Behaviour During Covid-19 Pandemic.” International Journal Of Research In Engineering, Science And Management 3(9):86–90.Https://Doi.Org/10.47607/Ijresm.2020.294.
Ulfah, F., Nur, K., Salsabila., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi. (2021). “Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm ( Studi Keju Lasi ).” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:2795–2805.Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V5i2.1277.
Umaningsih, W., Wardani, D. (2020). “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money.” Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi 5(21):113–19. Https://Doi.Org/10.29407/Jae.V5i3.14057.
Urika. (2022). “Dampak Dan Strategi Pedagang Pasar Tradisional Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pasar Badak Pandeglang).” Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 19.
Utami, S., Kusumawati, B. (2017). “Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Mahasiswa Stie Ahmad Dahlan Jakarta).” Balance Xiv(2):29–41.Http://Doi.Org/10.30651/B1c.V14i02.1265.
Untari, D., Fajariana, D. (2018). “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik).” Widya Cipta 2(2):271–78.
Wijayanti, R., Wahab., Firiana, A., & Shofiyudin, M. (2022). “Strategi Pemasaran Guna Meningktkan Daya Saing Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Tani Jiwo Hostel Banjarnegara).” Ekonomi Dan Bisnis 25:83–84.Http://Doi.Org/10.31941/Jebi.V25i1.1938.
Waty, D. (2020). “Pengaruh Price Discount Dan E-Money Terhadap Impulse Buying Coffee Shop Di Grand Batam Mall.” Manajemen.
Yusda, D. (2020). “Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying.” 2507(February):1–9.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4803
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.