Pengaruh Minat Profesi Keguruan dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar
Sari
Kata Kunci: Minat Profesi keguruan, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan Mengajar
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Agus, D. 2000. Manajemen Supervisi (Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayuni, Y. (2013). Pengaruh Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FEUNY. Skripsi Program Sarjana. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.(tidak diterbitkan).
Azis, M. dkk. (2018). Pedoman Penyusunan Skripsi & Tugas akhir Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Badan Penerbit UNM
Barnawi, & Arifin.M (2017). Micro Teaching : Teori dan Praktik Pengajaran Yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Dalyono.(2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati, & Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Saputra, M. G. (2013). Hubungan Minat menjadi Guru dan Pengalaman PPL dengan Kesiapan menjadi Guru Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Angkatan 2009 FIK-UNY. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Handoko, M. (2003). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta:
Kanisius.
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Helmiati. (2012). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta : CV Aswaja Pressindo
Hermanto, dkk. (2018). Pedoman PPL Praktik Pengalaman Lapangan PPG Prajabatan Bersubsidi Kelompok II.Yogyakarta: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta.
Karuru, P & Daud, K.(2019).Profesi Kependidikan. Toraja:Uki Toraja Press.
Kurniasari, I. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Program Sarjana. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogakarta.(tidak diterbitkan).
Lubis, A, H, & Adawiyah. R (2019). Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (Ppepp) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Padang: Cv.Berkah Prima.
Muldofir, A. (2014). Pendidik Profesional Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013).Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Narimawati, U. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.
Novitasari, F. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan. Surakarta: UNS.
Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2005 tentang standar Nasional pendidikan.
Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, W, dkk. (2020). Buku Panduan Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar. Makassar: Unit Pengelola Teknis
Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar.
Sukirman, D.(2009). Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Suseno, M. (2020). Mengukur Minat Profesi Guru Instrumen dan Teknik Validasi.Jakarta Timur:UNJ Press.
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang – Undang repubik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Yulianto, A. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang Profesional. Economic Education Analysis Journal. Semarang: UNNES.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4810
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.