Pengaruh Minat Profesi Keguruan dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar

Taskurun Taskurun, Muhammad Azis, Sitti Hajerah Hasyim

Sari


Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui (1) pengaruh minat profesi keguruan dan praktik pengalaman lapangan (PPL) secara simultan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Makassar, (2) pengaruh minat profesi keguruan dan praktik pengalaman lapangan (PPL) secara parsial terhadap kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Makassar, dan (3) Variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) minat profesi keguruan sebagai variabel bebas pertama, (2) praktik pengalaman lapangan (PPL) sebagai variabel bebas kedua, dan (3) kesiapan mengajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 sebanyak 67 mahasiswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel sensus atau sampel jenuh yaitu sampel diambil dari seluruh populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y = 2,801 + 0,414 X1 + 0,518 X2 yang berarti jika variabel minat profesi keguruan dan praktik pengalaman lapangan (PPL) dianggap sama dengan nol maka variabel Kesiapan Mengajar sebesar 2,801. Selain itu minat profesi keguruan dan praktik pengalaman lapangan (PPL) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar dengan tingkat signifikan <0,05, minat profesi keguruan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar dengan tingkat signifikan <0,05, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar dengan tingkat signifikan <0,05. Dari hasil, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,623 (62,3%). Hal ini berarti bahwa pengaruh minat profesi keguruan dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan mengajar adalah sebesar 62,3% sedangkan sisanya 37,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta praktik pengalaman lapangan (PPL) berpengaruh dominan terhadap kesiapan mengajar dengan koefisien determinasi 0,579 atau 57,9%, dengan demikian hipotesis diterima.
Kata Kunci: Minat Profesi keguruan, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan Mengajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agus, D. 2000. Manajemen Supervisi (Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuni, Y. (2013). Pengaruh Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FEUNY. Skripsi Program Sarjana. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.(tidak diterbitkan).

Azis, M. dkk. (2018). Pedoman Penyusunan Skripsi & Tugas akhir Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Badan Penerbit UNM

Barnawi, & Arifin.M (2017). Micro Teaching : Teori dan Praktik Pengajaran Yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Dalyono.(2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, & Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Saputra, M. G. (2013). Hubungan Minat menjadi Guru dan Pengalaman PPL dengan Kesiapan menjadi Guru Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Angkatan 2009 FIK-UNY. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, M. (2003). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta:

Kanisius.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Helmiati. (2012). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta : CV Aswaja Pressindo

Hermanto, dkk. (2018). Pedoman PPL Praktik Pengalaman Lapangan PPG Prajabatan Bersubsidi Kelompok II.Yogyakarta: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta.

Karuru, P & Daud, K.(2019).Profesi Kependidikan. Toraja:Uki Toraja Press.

Kurniasari, I. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Program Sarjana. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogakarta.(tidak diterbitkan).

Lubis, A, H, & Adawiyah. R (2019). Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (Ppepp) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Padang: Cv.Berkah Prima.

Muldofir, A. (2014). Pendidik Profesional Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013).Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Narimawati, U. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Novitasari, F. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan. Surakarta: UNS.

Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2005 tentang standar Nasional pendidikan.

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, W, dkk. (2020). Buku Panduan Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar. Makassar: Unit Pengelola Teknis

Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar.

Sukirman, D.(2009). Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Suseno, M. (2020). Mengukur Minat Profesi Guru Instrumen dan Teknik Validasi.Jakarta Timur:UNJ Press.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang – Undang repubik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yulianto, A. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang Profesional. Economic Education Analysis Journal. Semarang: UNNES.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4810

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics