Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Janji Jiwa Semarang

Titania Auralia Suniftah, Amron Amron

Sari


Tujuan dilakukan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh experiential marketing terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen pada Kopi Janji Jiwa di Semarang. Teknik explanatory research merupakan teknik yang digunakan pada penelitian ini, serta menggunakan uji hipotesis guna memperjelas hubungan sebab akibat antar variabel penelitian. Dengan melakukan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan data dan informasi menggunakan kuesioner yang akan di bagikan kepada para pelanggan Kedai Kopi Janji Jiwa Semarang. Penelitian ini menggunakan populasi konsumen Kopi Janji Jiwa di Semarang dengan rentang usia 19-24 tahun sebagai objek penelitian, yang mana menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan mengunakan teknik purposive sampling. Setelah dilakukan penelitian terhadap 100 responden mendapatkan hasil bahwa variabel sense, feel, think, act, dan relate sebagai variabel dependen secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebagai variabel dependen. Sedangkan secara parsial memaparkan bahwa variabel sense, feel, act dan relate memiliki pengaruh yang signifikan pada keputusan pembelian konsumen Kopi Janji Jiwa di Semarang, yang mana relate sebagai variabel yang paling dominan.

Keywords: Experiental Marketing, Sense, Feel, Act, Think, Relate, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afriliana, A. (2018). Teknologi Pengolahan Kopi Terkini.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Andriani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Resto Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café and Resto Sugar Rush Di Bontang. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 26. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i1.2952

Budiarto, J., & Pancaningrum, E. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(2), 89– 98. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.370

Chasanah, R. N., Muzammil, O. M., & Rowena, J. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Millenial Pada Platform E-Commerce. National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1276

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2).

Effendi, S. (2012). Metode Penelitian Survei.

Gunawan & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian (studi Kasus Chingu Korean Fan CafÉ Bandung Tahun 2018). Economi, Vol 4, NO.3

Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kartajaya, H. (2006). Marketing Plus 2000/SC Siasat Memenangkan Persaingan Global. Marlius, D. (2017). KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR PSIKOLOGIS DAN

BAURAN PEMASARAN PADA PT. INTERCOM MOBILINDO PADANG. Management, Vol 1, No.

https://doi.org/https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9

Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN DI GERAI STARBUCKS COFFEE (Studi Pada Konsumen Domestik Starbucks Coffee di Wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 470. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p18

Smilansky, S. (2017). Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand Experiences. Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Experiential Marketing

Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Daong Pancawati. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 65–78. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.328




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4811

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics