Pengaruh Content Marketing Aplikasi Tiktok, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty

Valentina Ainun Nabila, Muhammad Alhada Fuadilah Habib

Sari


Masker Camille Beauty merupakan salah satu produk masker terlaris di e-ecommers. Masker ini memiliki enam varian yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan kulit konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana content marketing aplikasi TikTok, online customer review, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian masker Camille Beauty. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan memiliki jumlah sampel sebanyak 382 yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis sampling purposive. Teknik analisis dan pengujian data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunkan uji t serta uji f. Dalam menganalisis dan menguji data menggunakan software SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) content maketing aplikasi TikTok, online customer review, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian masker Camille Beauty. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan (uji f) content maketing aplikasi TikTok, online customer review, dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian masker Camille Beauty.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong. Jurnal Pendidikan Ekonomi, III(2), 27-35.

Andrianto, R. (2022, Juni 22). Media Sosial Mendominasi, Portal Berita Dijauhi? Retrieved from Cnbc Indonesia: Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Tech/20220622161324-37-349412/Media-Sosial-Mendominasi-Portal-Berita-Dijauhi

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi Febi UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj, Iv(5), 1327-1342. Doi:10.47467/Alkharaj.V4i5.931

Beauty, C. (2023, Maret 23). Camille Beauty Official Shop. Retrieved from Shopee: Https://Shopee.Co.Id/Camillebeauty

Beauty, Official Shopee Camille. (2023, Maret 23). Camille Beauty Official Shop. Retrieved from Shopee: Https://Shopee.Co.Id/Camillebeauty

Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021, Oktober). Pengaruh Review Produk dan Konten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista. E-Proceeding of Management, VIII(5), 6488-6498.

Chadwick, D. C. (2016). Digital Marketing (6th Ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2016). Digital Marketing (6th Ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Dwijayanti, R., & Melati, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), VIII(2), 882-886.

Fadhilah, & Saputra, G. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan E-Wom Pada Media Sosial Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Inovasi, XVII(3), 505-512.

Fadhilah, & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh Content Marketing dan E-Wom pada Media Sosial Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Inovasi, XVII(3), 505-512.

Habib, M., Ratnaningsih, A., & Nisa, K. (2019, Oktober). The Construction of the Ideal Male Body Masculinity In The Mister International Pageant. Journal of Urban Sociology, II(2), 4-15.

Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pemilihan Tempat Kos Mahasiswa Di Tulungagung). Ecobuss, VIII(2), 99-102.

Huda, I., Karsudjono, A., & Darmawan, R. (2021, Januari). Pengaruh Content Marketing dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al – Kalam, VIII(1), 32-40.

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, 1270-1281.

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, VI(1), 140-154.

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), VIII(2), 882-888.

Musafar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Naomi, I. P., & Ardhiyansyah, A. (2021). The Effects of Online Customer Reviews and Online Customer Ratings on Purchasing Intentions in West Java Marketplaces. Inovasi, XVII(4), 810-816.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia. 1, Pp. 83-88. Sumatra Utara: Google Cendekia.

Nurijayanti, A., Sukamdiani, M., & Perdana, D. N. (2023). Pengaruh Review Produk, Konten Marketingdan Persepsi Harga pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Camille Beauty By Nadyashavira. Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi (Wiranomika), II(1), 1-17.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Perilku Konsumen & Strategi Pemasaran (9th Ed.). (T. Dwiandani, Trans.) Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Priangga , I., & Munawar, F. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Lazada (Studi Pada Mahasiswa di Kota Bandung). Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi, XIX(2), 400-413.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal Of Business And Economics Research (Jbe), I(1), 1-10.

Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022, Juni). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung Melalui Content Marketing Creator Tiktok. Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis, VIII(1), 48-60.

Ramadhani, F. (2020, September 27). 10 Masker Wajah Terlaris Shopee dan Tokopedia: Brand Lokal Memimpin! Retrieved from Compas: Https://Compas.Co.Id/Article/Masker-Wajah-Terlaris/

Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Ypgyakarta: Deepublish.

Rizaty, M. A. (2022, Juli 12). Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. Retrieved from Dataindonesia: Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Pengguna-Tiktok-Indonesia-Terbesar-Kedua-Di-Dunia

Rizaty, M. A. (2023, Februari 3). Dataindonesia.Id. Retrieved from Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta Pada 2023: Https://Dataindonesia.Id/

Rizaty, M. A. (2023, Februri 3). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. Retrieved from Dataindonesia.Id: Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Sentuh-212-Juta-Pada-2023

Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika, IV(1), 67-74.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Ub Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitstif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: A Study in Premium Cosmetic in Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science (Pp. 218-230). Yogyakarta: Eprints@Uny.

TU Febi Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (2023). Jumlah Mahasiswa Aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tulungagung: -.

Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Statmat (Jurnal Statistika Dan Matematika), I(1), 103-116.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4836

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics