Peran Positive Emotion dalam Memediasi Hedonic Shopping dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying

Veranika Trisna Pratiwi, Muzakar Isa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Kota Surakarta dan sampelnya adalah mahasiswi di Kota Surakarta yang pernah melakukan pembelian di restoran mie. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Analisis data menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hedonic shopping berpengaruh positif terhadap positive emotion 2) shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap positive emotion 3) hedonic shopping berpengaruh positif terhadap impulse buying 4) shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulse buying 5) positive emotion berpengaruh positif terhadap impulse buying 6) positive emotion berpengaruh positif dalam memediasi hedonic shopping terhadap impulse buying 7) positive emotion berpengaruh positif dalam memediasi shopping lifestyle terhadap impulse buying. Strategi pemasar dalam memasarkan suatu produk menjadi kunci keberhasilan usahanya. Dapat diketahui jika pemasar mampu menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya impulse buying maka dapat meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Diyakini keinginan berbelanja untuk mengikuti tren kuliner dapat meningkatkan suasana hati yang positif setelah keinginannya terpenuhi..

Kata Kunci: hedonic shopping, shopping lifestyle, impulse buying, positive emotion

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdillah, W., & HM, J. (2015). Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi

Christina, D. (2020). Peran Positive Emotion Sebagai Mediator Hedonic Shopping dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying di Lazada. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 5(1), 231–244

Dayang Asning, Kadarisman Hidayat, Y. A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(2), 84440

Febriani, S. F., & Purwanto, N. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(2), 53–62. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.372

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit-Undip

Handoko, B., Pitono, & Nur Amalia. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Chatime Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Moderating Pada Chatime Juanda Medan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 2(3), 68–80. https://doi.org/10.54209/jasmien.v2i3.192

Harahap, D. A., Ferine, K. F., Irawati, N., Nurlaila, & Amanah, D. (2021). Emerging advances in E-commerce: Panic and impulse buying during the COVID-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 12(3), 224–230. https://doi.org/10.31838/srp.2021.3.37

Isa, M., & Istikomah, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(2), 98-110

Maharani, I. G. . P., & Darma, G. S. (2018). Consumer Purchasing Behavior Analysis on Impulse Buying. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(3), 16–37

Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Nafisa, L. (2021). Analisis penjualan kuliner secara online melalui aplikasi. Lppm Stie Yadika, 25–33

Novriady nurtanio, I., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, I. (2022). The Influence of Shopping Lifestyle and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying in Bukalapak E-Commerce. 02, 63–73

Purnamasari, L. S., Somantri, B., & Agustiani, V. (2021). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLEDAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA SHOPEE.CO.ID (Studi Kasus di Lingkungan Mahasiswa Kota Sukabumi). 4(April), 6

Rachmawati, V. (2009). Hubungan Antara Hedonic Shopping Value , Pada Konsumen Ritel. 2, 192–209

Sucidha, I. (2019). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31602/atd.v3i1.1705

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sujatmiko, I. D., & Prismana, I. G. L. P. E. (2022). Implementasi Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi dan Trading Saham (Studi Kasus: Aplikasi Mobile IPOT). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(1), 35–44. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/44214/37584

Tirmizi, M. A., Kashif-Ur-Rehman, & Saif, M. I. (2009). An empirical study of consumer impulse buying behavior in local markets. European Journal of Scientific Research, 28(4), 522–532

Verplanken, B., & Sato, A. (2011). The Psychology of Impulse Buying: An Integrative Self-Regulation Approach. Journal of Consumer Policy, 34(2), 197–210. https://doi.org/10.1007/s10603-011-9158-5

Waluyo, M. (2019). Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos Dalam Aplikasi (SEM). In UPN Jatim

Yanthi, D. (2014). Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervaning Pada Area Ladies Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(2), 1–9. www.ama.org




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4852

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics