Pengaruh Event Tanggal Kembar di Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat

Mohamad Hafizh Enriza, Angga Sanita Putra

Sari


Artikel ini membahas tentang pengaruh event tanggal kembar terhadap minat beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan guna melihat apakah ada atau tidaknya pengaruh event tanggal kembar terhadap minat beli masyarakat di marketplace shopee. Penelitian ini memakai metode kuantitatif guna menentukan sebesar apa pengaruh event tanggal kembar yang diselenggarakan shopee terhadap minat beli masyarakat. Untuk penelitian ini, teknik purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel sebanyak 100 responden. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data guna menunjang penelitian ini. Setelah data dikumpulkan, analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai t hitung berbilang 2,856 lebih besar dari nilai t tabel berbilang 1,984. Ini menyatakan bahwa minat beli dipengaruhi oleh event tanggal kembar. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 7,7 % minat beli masyarakat dipengaruhi oleh event tanggal kembar.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adi Ahdiat. (2023). 5 E-Commerce dengan Jumlah Kunjungan Situs Terbanyak di Indonesia (Kuartal IV 2022). Databooks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022

Alawiyah, T. (2023). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 5418–5426.

Aulia, S. N., & Prehanto, A. (2023). Korelasi Event Tanggal Kembar Terhadap Daya Minat Beli Masyarakat di Shopee. 3(1).

Djamalu, M. K., Taan, H., & Isa, R. A. (2023). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Produk Xiaomi Data Penjualan Smartphone di Gorontalo. 8(2), 341–348.

Hamzah, H. (2021). Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? Www.Zenius.Net. https://www.zenius.net/blog/promo-tanggal-kembar

Iftitah Nurul Laily. (2022). Pengertian Penelitian Kuantitatif, Karakteristik dan Jenisnya. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/iftitah/ekonopedia/6295749c7fdd7/pengertian-penelitian-kuantitatif-karakteristik-dan-jenisnya

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE (ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Maharani, T. R., Dartanala, M. A., & Maharani, A. D. (2022). Keputusan Pembelian Pada Promo Tanggal Kembar Platform E- Commerce Shopee. 674–684.

Masker, P., Beauty, C., Nabila, V. A., Alhada, M., & Habib, F. (2023). Pengaruh Content Marketing Aplikasi Tiktok , Online Customer Review , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. 8(2), 590–601.

Media, A. (2023). Pengertian Minat Beli Menuru Para Ahli & Ferdinand. Creatormedia.My.Id. https://creatormedia.my.id/pengertian-minat-beli-menurut-para-ahli-ferdinand/

Mokhammad. (2020). 5+ Bidang-Bidang Manajemen Beserta Ciri-Ciri dan Contoh Kegiatannya. Www.Haruspintar.Com. https://www.haruspintar.com/bidang-bidang-manajemen/

Nugroho, A. (2021). 4 Fungsi Manajemen, Unsur & Pembahasan Lengkapnya. Qwords.Com. https://qwords.com/blog/fungsi-manajemen/

Riadi, M. (2020). Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus). Www.Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasi-dan-sampel-penelitian.html




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.4903

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics