Self Control Dan Perilaku Cyberbullying Pada Mahasiswa Universitas “X” Di Salatiga Yang Aktif Menggunakan Media Sosial
Sari
Kata Kunci: self-control, cyberbullying, mahasiswa
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Anwarsyah, F., & Gazi. (2017). Pengaruh loneliness , self-control , dan self esteem. Journal of Psychology, 22(2), 203–216.
Bestari, R. (2015). Pengaruh kontrol diri, iklim sekolah, dan jenis kelamin terhadap perilaku cyberbullying pada remaja. UIN: Syarif Hidayatullah, 215.
Budi, A. S., & Nusantoro, E. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kontrol Diri terhadap Cyberbullying pada Siswa di mts Ma’arif Temanggung. FOCUS, 3(1), 59-63.
Bulan, M. A. I. C., & Wulandari, P. Y. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap kecenderungan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial anonim. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 497-507.
Chornelius, C., & Astuti, K. (2021). Perilaku cyberbullying ditinjau dari konformitas pada mahasiswa x yogyakarta. In prosiding seminar nasional lppm ump, (2), 380-385
De Ridder, D.T., dkk. (2011). Not doing bad things is not equivalent to doing the right thing: distinguish between inhibitory and initiatory selfcontrol. Personality and Individual Differences, 50, 1006–1011.
Devia, V. M., & Pratama, M. (2021). Hubungan antara self-control dengan perilaku cyberbullying dimedia sosial pada remaja. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 227-237.
Dooley, J. J., Pyzalski, J., & Cross, D. (2009). Cyberbullying versus face-to-face bullying: A theoretical and conceptual review. Journal of Psychology, 217(4), 182–188.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidajat, M., dkk. (2015). Dampak media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72.
J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Khairunnisa, A. (2013). Hubungan religiusitas dan kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah remaja di MAN 1 Samarinda. Ejournal Psikologi, 1(2), 220-229.
Kostopoulos, George K. (2013). Cyberspace and Cybersecurity. Boca Raton: CRC Press - Taylor & Francis Group.
Kraft, E. M., & Wang, J. (2009). Effectiveness of cyber bullying prevention strategies: a study on students' perspectives. International Journal of Cyber Criminology, 3(2), 513.
MacDonald, C., & Roberts-Pittman, B. (2010). Cyberbullying among college student;prevalence and demographic differences. Procedia Social and Behavioral Science, (9), 2003-2009.
Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku cyberbullying pada remaja dan kaitannya dengan kontrol diri dan komunikasi orang tua. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(2), 145-156.
Natalia, E. C. (2016). Remaja, Media Sosial dan Cyberbullying. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(2)
Nigg, J. T. (2017). Annual Research Review: On the relations among self-regulation, self-control, executive functioning, effortful control, cognitive control, impulsivity, risk-taking, and inhibition for developmental psychopathology. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 58(4), 361–383
Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh cyberbullying di media sosial terhadap perilaku reaktif sebagai pelaku maupun sebagai korban cyberbullying pada siswa kristen smp nasional makassar. Jurnal Jaffray, 14(1)
Salmi., Hariko, R., & Afdal. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Jurnal Ilmiah Counsellia, 8(2), 88-99.
Smith, P. K., dkk. (2008). Cyberbullying: It’s nature and impact and secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4), 376-385.
Sudarwanto, A.S. (2009). Cyberbullying kejahatan dunia maya yang terlupakan. Jurnal Hukum Pro Justisia, 27(1).
Tangney, J.P., Baumeister, R.F., & Boone, A.L. (2004). High self control predicted good adjustment, less pathology, better grade, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-324.
Thalib, S.B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif (1st ed.). Kencana: Prenada Media Grup.
Unger, A., Bi, C., Xiao, Y. Y., & Ybarra, O. (2016). The revising of the Tangney Self‐control Scale for Chinese students. PsyCh journal, 5(2), 101-116.
Willard, N. E. (2007). Cyberbullying and cyberthreats: Responding to the challenge of online social aggression, threats, and distress. Research press.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4961
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.