Self Control Dan Perilaku Cyberbullying Pada Mahasiswa Universitas “X” Di Salatiga Yang Aktif Menggunakan Media Sosial

Daniel Deny Kristiawan, Christiana Hari Soetjiningsih

Sari


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self control dengan cyberbullying pada mahasiswa Universitas “X” di Salatiga. Partisipan yang terkumpul dalam penelitian ini berjumlah 206 mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial seperti instagram, twitter, whatsapp dan tiktok yang diperoleh melalui teknik accidental sampling. Alat ukur cyberbullying menggunakan skala kecenderungan perilaku cyberbullying dari Bestari (2015) yang diadaptasi dari skala Willard (2007) dan untuk self-control menggunakan skala self-control disusun berdasarkan self control scale (SCS) dari Unger. dkk, (2016) yang diadaptasi oleh teori Tangney. dkk, (2004) yang kemudian dimodifikasi kembali oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan dari penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan diperoleh hasil korelasi sebesar -0,503 dengan nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara self-control dan cyberbullying. Makin tinggi perilaku self-control maka semakin rendah perilaku cyberbullying dan sebaliknya semakin rendah perilaku self-control maka semakin tinggi perilaku cyberbullying.

Kata Kunci: self-control, cyberbullying, mahasiswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anwarsyah, F., & Gazi. (2017). Pengaruh loneliness , self-control , dan self esteem. Journal of Psychology, 22(2), 203–216.

Bestari, R. (2015). Pengaruh kontrol diri, iklim sekolah, dan jenis kelamin terhadap perilaku cyberbullying pada remaja. UIN: Syarif Hidayatullah, 215.

Budi, A. S., & Nusantoro, E. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kontrol Diri terhadap Cyberbullying pada Siswa di mts Ma’arif Temanggung. FOCUS, 3(1), 59-63.

Bulan, M. A. I. C., & Wulandari, P. Y. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap kecenderungan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial anonim. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 497-507.

Chornelius, C., & Astuti, K. (2021). Perilaku cyberbullying ditinjau dari konformitas pada mahasiswa x yogyakarta. In prosiding seminar nasional lppm ump, (2), 380-385

De Ridder, D.T., dkk. (2011). Not doing bad things is not equivalent to doing the right thing: distinguish between inhibitory and initiatory selfcontrol. Personality and Individual Differences, 50, 1006–1011.

Devia, V. M., & Pratama, M. (2021). Hubungan antara self-control dengan perilaku cyberbullying dimedia sosial pada remaja. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 227-237.

Dooley, J. J., Pyzalski, J., & Cross, D. (2009). Cyberbullying versus face-to-face bullying: A theoretical and conceptual review. Journal of Psychology, 217(4), 182–188.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidajat, M., dkk. (2015). Dampak media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72.

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Khairunnisa, A. (2013). Hubungan religiusitas dan kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah remaja di MAN 1 Samarinda. Ejournal Psikologi, 1(2), 220-229.

Kostopoulos, George K. (2013). Cyberspace and Cybersecurity. Boca Raton: CRC Press - Taylor & Francis Group.

Kraft, E. M., & Wang, J. (2009). Effectiveness of cyber bullying prevention strategies: a study on students' perspectives. International Journal of Cyber Criminology, 3(2), 513.

MacDonald, C., & Roberts-Pittman, B. (2010). Cyberbullying among college student;prevalence and demographic differences. Procedia Social and Behavioral Science, (9), 2003-2009.

Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku cyberbullying pada remaja dan kaitannya dengan kontrol diri dan komunikasi orang tua. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(2), 145-156.

Natalia, E. C. (2016). Remaja, Media Sosial dan Cyberbullying. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(2)

Nigg, J. T. (2017). Annual Research Review: On the relations among self-regulation, self-control, executive functioning, effortful control, cognitive control, impulsivity, risk-taking, and inhibition for developmental psychopathology. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 58(4), 361–383

Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh cyberbullying di media sosial terhadap perilaku reaktif sebagai pelaku maupun sebagai korban cyberbullying pada siswa kristen smp nasional makassar. Jurnal Jaffray, 14(1)

Salmi., Hariko, R., & Afdal. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Jurnal Ilmiah Counsellia, 8(2), 88-99.

Smith, P. K., dkk. (2008). Cyberbullying: It’s nature and impact and secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4), 376-385.

Sudarwanto, A.S. (2009). Cyberbullying kejahatan dunia maya yang terlupakan. Jurnal Hukum Pro Justisia, 27(1).

Tangney, J.P., Baumeister, R.F., & Boone, A.L. (2004). High self control predicted good adjustment, less pathology, better grade, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-324.

Thalib, S.B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif (1st ed.). Kencana: Prenada Media Grup.

Unger, A., Bi, C., Xiao, Y. Y., & Ybarra, O. (2016). The revising of the Tangney Self‐control Scale for Chinese students. PsyCh journal, 5(2), 101-116.

Willard, N. E. (2007). Cyberbullying and cyberthreats: Responding to the challenge of online social aggression, threats, and distress. Research press.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4961

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics