Analisis Variasi Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada Kopi Kenangan di Kota Semarang)

Nanda Eka S, Bambang Sutedjo

Sari


The aim of this research is to describe and analyse the effect of Produk Variation and Brand Image on Customer Loyalty mediated by Customer Satisfaction Variables. The data collection technique uses a quaestionnaire where respondents are selected using a purposive sampling technique. The results of the descriptive analysis concluded that the results of Product Variation, Brand Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty were quite good. Product variety has a significant effect on customer satisfaction. Brand Image is not significant with Customer satisfaction. For the influence of significant customer satisfaction on customer loyalty. Customer satisfaction can mediate the effect of product variations on customer loyalty, as well as the effect of brand image on customer loyalty is able to mediate this influence

Keywords: Product variety, brand image, customer satisfaction and customer loyalty

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Danny Alexander Bastian, 2014, Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 121-131.

Innes Hernikasari, Hapzi Al, Hadita, 2022, Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand:Analisis Harga dan Kualitas Produk Review Manajemen Pemasaran, Volume 3, Issue 1, Januari 2022

Jasmani, 2018, Pengaruh Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus PT. Berkah Motor Wonosari), Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM), J. Mandiri., Vol. 2, No. 2, Desember 2018ISSN : 2580-3220, E-ISSN : 2580-4588 (263 - 280)

Joko Rizkie Widokarti dan Donni Juni Priansa, Konsumen, Pemasaran, Komunikasi Kontemporer, (Bandung: Pustaka Setia, 2019), 79

M. Baihaqi, Yessy Artanti, 2016, Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 2, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

Maharani, Astri Dhiah. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2012. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Onita Sari Sinaga, Debi Eka Putri, Astri Rumondang Banjarnahor, Fitria Halim, Acai Sudirman, 2020, Mampukah Citra Merek, Fasilitas dan Kepercayaan Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Kota Pematangsiantar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Pematangsiantar, Sumatera Utara, 211183 Universitas Mercu Buana, Menteng Raya, Jakarta, 10340. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8 (2020) 151-157

Ratri Amelia Aisyah, 2017, Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya 2017

Restika Firdayanti, 2013 Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Onlne Social and Industrial Psychology Uness

Siti Ning Farida, 2014, Pengaruh Kualitas Layanan, nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Speedy di Surabaya Dosen Administrasi dan Bisnis UPNV Jatim 1 Jan 2014.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4992

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics