Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Produk Laptop Acer

Mohammad Aldrin Akbar

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk laptop Acer. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak dari mahasiswa Universitas Cendrawasih Jayapura. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh para responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen (periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk laptop Acer, dan hanya variabel periklanan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abbas, M. (2023). Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/87

Alananzeh, O., Tarhini, A., & Algudah, O. (2018). The effect of promotional mix on hotel performance during the political crisis in the Middle East. Journal of Hospitality and Tourism Technology. https://doi.org/10.1108/JHTT-02-2017-0010

Aprilia, M. (2019). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R: studi pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor/oleh Melati Aprilia. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/30001/

Armayanti, D. (2018). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli laptop (studi pada pengguna laptop Acer di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang). Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/30617/

Azhari, A., & Utari, N. (2023). Banking Customer Loyalty: Unveiling the Role of Customer Relationship Marketing and Customer Value. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/94

Bakri, M. (2023). The Influence of Brand Image and Price on Toyota Avanza Car Purchasing Decision. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/79

Charanah, J., & Njuguna, R. K. (2015). The effects of promotional mix tools on brand equity among hospitals in Nairobi. http://www.kufh.co.ke/schools/business/images/stories/docs/THE_EFFECTS_PROMOTIONAL_MIX_TOOLS.pdf

Dewi, R. (2023). Analysis of the Marketing Strategy of Sharia Insurance Services in Increasing Customer Loyalty. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 48-59.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: analisa perilaku konsumen.

Elmas, M., Hermanto, H., & Yatiningrum, A. (2018). Pengaruh dimensi bauran promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana Telkomsel. Ecobuss, 6(1), 39–51. http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1199

Hani, H. T. (2015). Dasar-dasar manajemen produksi dan operasi. In Edisi I, BPFE, Yogyakarta.

Haris, A. (2023). Implications of Service and Product Attributes on Customer Loyalty. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2).

Haris, A. (2023). The Effect of Service Quality and Product Attributes on Customer Loyalty. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 25-35.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54–70. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/1827

Hasan, A. (2023). The Effect of Marketing Mix Strategy on Increasing Sales Volume of Silk Cloth. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 36-47.

Hasan, A. (2023). The Influence of Brand and Country of Origin on Mobile Phone Purchasing Decisions. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/78

Imelda, S., & Sangen, M. (2016). Pengaruh keputusan bauran promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian nomor perdana telkom Flexi di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 1(2), 259–280. https://scholar.archive.org/work/ziqjuvxg4nhctebb2ljkjtlckq/access/wayback/http://jwm.ulm.ac.id:80/id/index.php/jwm/article/download/49/49

Khusna, G. K., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian Dunkin’Donuts Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 11(1). http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/16

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing management 15th global edition (global). Harlow: Pearson Education Limited.

Lamb Jr, C. W., Hair Jr, J. F., & McDaniel, C. (2011). Marketing. Penerjemah: David Octarevia. Pemasaran.

Latief, F. (2023). Improving Brand Image of Television Electronic Products Through Integrated Marketing Communications. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 13-24.

Latief, F., & Murti, R. S. (2023). Factors Influencing Consumer Decisions to Purchase Hijab Products Online on Instagram Social Media. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/90

Lontoh, M. N. (2016). Analisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10916

Mahardhika, P., Adji, W. H., & Arisena, A. (2022). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian pada CV. Vannisa Brownies And Bakery Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 5(2). https://www.journal.ikopin.ac.id/index.php/co-management/article/view/3354

Maina, P., & Afande, F. (2015). Effect of promotional mix elements on sales volume of financial institutions in Kenya: Case study of Kenya post office savings bank. Journal of Marketing and Consumer Research, 11. https://core.ac.uk/download/pdf/234693909.pdf

Mittal, B. (1994). Public assessment of TV advertising: Faint praise and harsh criticism. Journal of Advertising Research, 34(1), 35–54. https://go.gale.com/ps/i.do?id=GALE%7CA15352413&sid=googleScholar&v=2.1&it=r&linkaccess=abs&issn=00218499&p=AONE&sw=w

Natalia, P., & Mulyana, M. (2019). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 119–128. http://repository.ibik.ac.id/id/eprint/14

Peter, J. P., Donnelly, J. H., & Vandenbosch, M. B. (2011). A preface to marketing management. Irwin/McGraw-Hill.

Putro, H. (2017). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian rumah di Perumahan Jaya Maspion Permata Sidoarjo. Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/105375/

Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.

Sandi, F. Y., & Roni, M. (2017). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kartu perdana simpati. http://eprints.binadarma.ac.id/3582/

Suyanto, M. (2015). Strategi perancangan iklan televisi perusahaan top dunia. Penerbit Andi.

Swastha, B., & Irawan, D. H. (2003). Manajemen pemasaran modern, edisi kedua. Yogyakarta: Liberty.

Tahir, D. I. (2018). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk oli pelumas PT. Pertamina (Persero) Fastron di Jayapura. Universitas Hassanuddin. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8733/1/dantiindri-1443-1-13-danti-1 1-2.pdf

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh citra merek dan periklanan terhadap keputusan pembelian polis asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(2). https://doi.org/10.31289/jab.v1i2.1728

Togas, N. M. N., Sepang, J. L., & Wenas, R. S. (2015). Periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas terhadap keputusan pembelian pada penerbit Andi Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4). https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6372

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh bauran promosi, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen pada perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9286

Wicara, D. G., & Indra, A. (2018). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian laptop pada CV. Abone Komputer di Teluk Kuantan. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 9(3), 195–203. https://doi.org/10.36975/jeb.v9i3.33

Windusara, N., Bagus, D., & Kusuma, A. A. G. A. A. (2015). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian oppo smartphone. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/14930/11193

Yosafat, H., Kurniabudi, K., & Nurhadi, N. (2020). Perancangan sistem pendukung keputusan pembelian laptop dengan metode mabac (studi kasus: Sigma Komputer). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, 2(2), 148–161. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/847

Yulianti, T. (2018). Pengaruh promotional mix terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha (studi kasus pada masyarakat Kecamatan Jebres Surakarta Tahun 2013). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37085




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5032

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics