Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi

Dimas Novendra Wibowo Putra, Wafiatun Mukaromah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variable E-WOM, Sosial Media Marketing, Brand Image, terhadap Keputusan Pembelian toko Erigo yang ada di Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jenis pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Jumlah populasi 175 responden kemudian memakai rumus slovin untuk mendapatkan sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Outer Model dan Analisis Inner Model.


Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth; Sosial Media Marketing; Keputusan Pembelian; Brand Image

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adriana, T., Ellitan, L., & Lukito, R. S. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Scarlett- Whitening Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 11(1), 21–29. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3947

Agustina, M., Tholok, F. W., & Handry, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tangerang). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(3), 1. https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.184

Alalwan, A. A. (2018). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International Journal of Information Management, 42(June), 65–77. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.001

Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi TIX ID (Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061.

Chusniartiningsih, E., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan merek sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 85–95.

Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862

Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13.

Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 1–15. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12175

Hiola, R. (2022). Peran Brand Image Memoderasi Electronic Word of Mouth (E- Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Online di Gorontalo. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3), 389–398. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.562

Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME: Journal of Management, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.435

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square ( Sem-Pls ) Dengan SmartPLS. Modul Pelatihan, 1–4.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.

Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh packaging, social media marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian busana brand lokal 1). DeReMa (Development of Research Management), 15(2), 244–256.

Lukiarti, M. M. (2019). Pengaruh Kepedulian Lingkungan dan Keparahan Terhadap Minat Beli Produk Hijau. BBM: Buletin Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 15–28.

Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas.Co. PERFORMA, 6(3), 255–264. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528

Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p16

Prahiawan, W., Fahlevi, M., Juliana, J., Purba, J. T., & Tarigan, S. A. A. (2021). The role of e-satisfaction, e-word of mouth and e-trust on repurchase intention of online shop. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.008

Putri, S. R., Amalia, R., Manajemen, M. P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Syiah Kuala, U., Dosen, ), Kuala, U. S., & Kunci, K. (2018). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 75–84.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Sitorus, J. R. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Holland Bakery Batam. Ekonomi, 2(1), 1–15.

Wibawa, I. G. A. S., & Setiawan, P. Y. (2021). the Role of Trust in Mediating the Effect of Ewom and Shopping Experience on Customer Loyalty. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 114(6), 170–181. https://doi.org/10.18551/rjoas.2021-06.19

Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy, dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk MCDonald’ s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 69–79.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics