New Consumer Landscape: Sebuah Riset Perilaku Konsumen menuju Society 5.0

Nur Latifa Isnaini Putri, Ikhwanul Hakim

Sari


Indonesia saat ini sedang dalam masa peralihan dari era Industri 4.0 menjadi era Society 5.0. Masing-masing era membutuhkan suatu strategi khusus untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada, khususnya di bidang pemasaran. Marketing 5.0 adalah strategi yang direncanakan seorang pakar pemasar untuk menghadapi pemasaran era Society 5.0. Memahami pola perilaku konsumen adalah dasar seorang pemasar membuat strategi yang sesuai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana pola perilaku konsumen pada era Society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei, wawancara, dan observasi. Informan dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari data responden yang telah bersedia mengisi survei penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen pada era Society 5.0 lebih suka membeli barang secara online daripada offline, menggunakan media sosial sebagai sumber pencarian informasi sebuah produk, dan dipastikan bahwa konsumen akan lebih aktif melakukan eWOM. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perempuan usia remaja akhir adalah target pasar optimal pada era Society 5.0. Produk fashion adalah produk yang paling diminati oleh konsumen pada era Society 5.0.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahamat, A. & Ali, M.S.B.S. 2019. Preference criteria for online shopping among university students. Int. J. Electronic Marketing and Retailing, Vol. 10, No. 3.

Ahdiat, A. 2022. Mayoritas Konsumen Indonesia Lakukan Riset Produk Sebelum Belanja Online. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/mayoritas-konsumen-indonesia-lakukan-riset-produk-sebelum-belanja-online.

Andhyka, B. 2020. Marketing 4.0 a Literature Review. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), Volume 22, Issue 4.

Andrian, Putra, C.I.W, Jumawan, & Nursal, M.F. 2022. Perilaku Konsumen. Malang: Rena Cipta Mandiri

Bailey, A.A., Bonifield, C.M., & Arias, A. 2018. Social media use by young Latin American consumers: An exploration. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 43, P. 10-19.

Baiza, A., Uran, A.V.N., dan Fadhilah, M. 2022. Pengaruh Pendekatan Kualitatif Dalam Riset Pemasaran Dan Pengukuran Pada Kinerja Bisnis. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital, Vol. 1 (2).

Chopra, A., Avhad, V., & Jaju, S. 2020. Influencer Marketing: An Exploratory Study to Identify Antecedents of Consumer Behavior of Millennial. Business Perspectives and Research 9(1).

Helkkula, A., Kelleher, & C., Pihlstrom, M. 2012. Characterizing Value as an Experience: Implications for Service Researchers and Managers. Journal of Service Research, Vol. 15, Issue 1.

Ievgeniia, M., Yekateryna, R., Natalya, U. Oksana, H., Sergii, T., & Natalia, Y. 2022. Intellectual Capital as a Factor Forming Economic Security of Enterprises in Society 5. 0. WSEAS Transactions on Business and Economics, Vol. 19.

Kartajaya, H. 2017. Marketing in Challenging Times. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ko, H., Jung, J., Kim, J. and Shim, S.W. (2004) ‘Cross-cultural differences in perceived risk of online shopping’, Journal of Interactive Advertising, Vol. 4, No. 2, pp.20–29.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Teknologi untuk Kemanusiaan. Amerika: John Wiley Sons.

Kumar, A. & Pandey, M. 2023. Social Media and Impact of Altruistic Motivation, Egoistic Motivation, Subjective Norms, and EWOM toward Green Consumption Behavior: An Empirical Investigation. Sustainability (Switzerland), 15 (5).

Lexy, J. M. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mishra, A.S. (2019) "Antecedents of consumers’ engagement with brand-relate d content on social media", Marketing Intelligence & Planning 37(4).

Mustika, W.F. & Astiti, D.P. 2017. Gambaran Pengambilan Keputusan Remaja Putri Dalam Perilaku Belanja Online. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 4, No. 2.

Nisa. 2021. Mengenal Era Marketing 5.0, Kombinasi Antara Teknologi dan Humanity. Diakses dari https://inmarketing.id/marketing-5-0-adalah.html

Parasuraman, A. Zeithaml, V. A., Malhotra, A. (2005). E-SerQual A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233.

Qurniawati, R.S. & Nurohman, Y.A. 2018. eWOM Pada Generasi Z di Sosial Media. Jurnal Manajemen Daya Saing Vol. 20, No. 2.

Rahayu, S. & Faulina, S.T. 2022. Pengaruh Digital Customer Experiencedalam Menciptakan Customer Satisfactiondan Customer Loyaltydi Era Digital(Studi Kasus OVO). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah (JESYA), Vol 5, No 1.

Riyanto, A.D. 2023. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. GWI.com

Rosario, A.B., Valck, K.D., & Sotgiu, F. 2020. Conceptualizing the electronic word-of-mouth process: What we know and need to know about eWOM creation, exposure, and evaluation. Journal of the Academy of Marketing Science 48 (3) , pp. 422-448

Sari, Y.T.K., Hendrastomo, G., & Januarti, N.E. 2020. Belanja Online Dan Gaya Hidup Mahasiswa Di Yogyakarta. E-Societas Jurnal Pendidikan Sosiologi, Vol. 9, No. 2.

Siagian, H.F.A.S. 2023. Mengenal Revolusi Industri 5.0. Diakses dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca-artikel/16023/Mengenal-Revolusi-Industri-50.html.

Syana, A.B. 2020. Menyambut Era Marketing 5.0 Technology for Humanity. Diakses dari https://www.marketeers.com/menyambut-era-marketing-5-0-technology-for-humanity/.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics