Faktor Internal dan Eksternal Kesiapan Masyarakat Tentang Rencana Kebijakan Keseragaman Kelas BPJS

Rahmi Fajarwati, Nurmiati Muchlis, Andi Surahman Batara

Sari


Pemerintah berencana menghapus penggolongan BPJS Kesehatan berdasarkan kelas artinya kelas 1, 2 dan 3 yang saat ini berlaku akan hilang. Golongan kelas BPJS Kesehatan akan diganti dengan kelas standar atau tunggal. Tak hanya untuk pelayanannya tapi juga tarifnya menjadi satu jenis. Tujuan kebijakan ini untuk memberikan pelayanan yang sama bagi seluruh peserta JKN dengan maksud agar semua orang, berhak untuk mendapatkan layanan, baik medis dan non medis yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor internal dan eksternal dengan kesiapan masyarakat tentang rencana kebijakan keseragaman kelas BPJS di RSUD Labuang Baji Makassar. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien BPJS rawat inap sebanyak 194 pasien menggunakan metode stratified proportional random sampling. Analisis data dengan uji chisquare dan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat tidak berhubungan dengan kesiapan masyarakat p 0,226 > 0,05, harapan masyarakat berhubungan dengan kesiapan masyarakat p 0,043 < 0,05, tampakan produk tidak berhubungan dengan kesiapan masyarakat p 0,070 > 0,05 dan lingkungan berhubungan dengan kesiapan masyarakat p 0,043 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara kebutuhan masyarakat dengan kesiapan masyarakat dan ada hubungan antara harapan dengan kesiapan masyarakat pada faktor internal. Tidak ada hubungan antara tampakan produk dengan kesiapan masyarakat dan ada hubungan antara lingkungan dengan kesiapan masyarakat pada faktor eksternal. Ada pengaruh parsial yang sifgnifkan antara harapan masyarakat tipe 1 dengan kesiapan masyarakat dan ada pengaruh parsial yang sifgnifkan antara harapan masyarakat tipe 2 dengan kesiapan masyarakat. Diharapkan melakukan sosialisasi yang intensif dan efektif mengenai keseragaman kelas BPJS, tidak ada diskriminasi pelayanan antara peserta PBI dan non-PBI, pengimplementasian kebijakan ini harus diikuti dengan evaluasi dan pengawasan yang ketat untuk memastikan tidak terjadi penyalahgunaan atau ketidakadilan dalam penerapan kelas standar atau KRIS.

Kata Kunci: Faktor Internal; Eksternal; Kesiapan Masyarakat; Kebijakan; Keseragaman Kelas BPJS

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afni, D., & Bachtiar, A. (2021). Analisis Kesiapan Implementasi Kelas Rawat Inap Standar: Studi Kasus di RS Wilayah Kabupaten Tangerang (PP NO 47 Tahun 2021). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6634–6654.

Asri. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Campalagian. Peqguruang: Conference Series, 4(1).

BPJS, K. (2022a). Data Peserta JKN KIS BPJS Kesehatan yang Terdaftar di Kota Makassar. BPJS. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

BPJS, K. (2022b). Peserta dan Iuran BPJS Kesehatan. BPJS. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/pages/detail/2014/11

Budiati, A., Agustino, L., Mahdi, A., & Dewi, N. K. (2020). Kesiapan Pelaksanaan “Dynamic Governance” Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Kantor Layanan Operasional Kabupaten Lebak Provinsi Banten. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 3(2). https://doi.org/10.31506/jipags.v3i2.7550

Dirjen, Y. (2022). Monitoring dan evaluasi kesiapan rumah sakit dalam Kelas Rawat Inap Standar pada program JKN (KRIS JKN). Kemenkes. https://yankes.kemkes.go.id/read/1072/monitoring-dan-evaluasi-kesiapan-rumah-sakit-dalam-kelas-rawat-inap-standar-pada-program-jkn-kris-jkn

Gakoi, A., & Sadewo, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Faskes Dasar Trowulan Mojokerto. Paradigma, 9(2), 1–16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37369

Hanindiya, B. (2022). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keluarga Tidak Memiliki BPJS Mandiri Diwilayah Kerja Puskesmas Singosari Kota Pematang Siantar Tahun 2017. Jurnal Kesehatan, 10(1), 95–100.

Holt, D. T., Armenakis, A. A., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2007). Readiness for organizational change: The systematic development of a scale. Journal of Applied Behavioral Science, 43(2), 232–255. https://doi.org/10.1177/0021886306295295

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958

Kemenkes. (2016a). Kuatkan Layanan Kesehatan, Pemerintah Lakukan Lima Upaya Secara Simultan. Kemenkes. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20161104/2918732/kuatkan-layanan-kesehatan-pemerintah-lakukan-lima-upaya-secara-simultan/

Kemenkes. (2016b). Perkembangan dan Tantangan Implementasi JKN. Kemenkes. https://www.kemkes.go.id/article/view/16102600001/-perkembangan-dan-tantangan-implementasi-jkn.html

Kurniawati, G., Jaya, C., Andikashwari, S., Hendrartini, Y., Dwi Ardyanto, T., Iskandar, K., Muttaqien, M., Hidayat, S., Tsalatshita, R., & Bismantara, H. (2021). Kesiapan Penerapan Pelayanan Kelas Standar Rawat Inap dan Persepsi Pemangku Kepentingan. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.53756/jjkn.v1i1.15

Lestari, I. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Sawerigading Kota Palopo. In Skripsi Universitas Hasanuddin.

Mukharrim, M. S., Abidin, U. W., & Rahmani, F. A. (2021). Hubungan Tingkat Pemahaman dan Partisipasi Masyarakat Dusun Silopo Terhadap Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan. Peqguruang: Conference Series, 3(2), 781–788.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017

Putri, D. A., Ramadhanty, R. W., Oktaviani, W., & Gurning, F. P. (2022). Analisis respon masyarakat dalam implementasi kebijakan Kelas Standar BPJS Kesehatan di Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Songsongan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 1121–1128. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/1953

Putri, N. E. (2014). EFEKTIVITAS PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL MELALUI BPJS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN DI KOTA PADANG. Tingkap, X(2), 175–189. https://doi.org/10.1016/S1697-2600(13)70010-3

Putri Nugraha, J., Al, D., Gairah Sinulingga, S., Rojiati, U., Gazi Saloom, Mk., Rosmawati, Ms., Fathihani, Ms., Mail Hilian Batin, M., Widya Jati Lestari, M., Khatimah, H., & Maria Fatima Beribe, C. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen.

Rahmayani, C. K. (2023). Faktor Hambatan dalam Akses Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1337–1344.

Retnaningsih, H. (2022). Rencana Penghapusan Kelas Peserta BPJS Kesehatan. Info Singkat, XIV(1), 25–30.

Sabilla, A. G. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Medika Hutama, 3(1), 1654–1659.

Situmorang, J. R. (2022). Strategi komunikasi bpjs kesehatan cabang pekanbaru guna meningkatkan tertib pembayaran iuran oleh peserta mandiri jkn-kis di kota pekanbaru. In Skripsi. https://repository.uir.ac.id/11133/1/179110207.pdf

SJSN, U. (2004). UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. In RI.

Solechan, S. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 686–696. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.686-696

Suhanda, R. (2015). Jaminan kesehatan dan managed care. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 104–113.

Winaka, H. A., Salim, M., & Eka, S. (2022). Analisis Kualitas Layanan Peserta BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan (Studi pada Layanan Peserta Mandiri di Wilayah Kantor Cabang Curup). Student Journal of Business and Management, 25, 710–736.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5210

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics