Faktor Internal dan Eksternal Kesiapan Masyarakat Tentang Rencana Kebijakan Keseragaman Kelas BPJS
Sari
Kata Kunci: Faktor Internal; Eksternal; Kesiapan Masyarakat; Kebijakan; Keseragaman Kelas BPJS
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Afni, D., & Bachtiar, A. (2021). Analisis Kesiapan Implementasi Kelas Rawat Inap Standar: Studi Kasus di RS Wilayah Kabupaten Tangerang (PP NO 47 Tahun 2021). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6634–6654.
Asri. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Campalagian. Peqguruang: Conference Series, 4(1).
BPJS, K. (2022a). Data Peserta JKN KIS BPJS Kesehatan yang Terdaftar di Kota Makassar. BPJS. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/
BPJS, K. (2022b). Peserta dan Iuran BPJS Kesehatan. BPJS. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/pages/detail/2014/11
Budiati, A., Agustino, L., Mahdi, A., & Dewi, N. K. (2020). Kesiapan Pelaksanaan “Dynamic Governance” Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Kantor Layanan Operasional Kabupaten Lebak Provinsi Banten. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 3(2). https://doi.org/10.31506/jipags.v3i2.7550
Dirjen, Y. (2022). Monitoring dan evaluasi kesiapan rumah sakit dalam Kelas Rawat Inap Standar pada program JKN (KRIS JKN). Kemenkes. https://yankes.kemkes.go.id/read/1072/monitoring-dan-evaluasi-kesiapan-rumah-sakit-dalam-kelas-rawat-inap-standar-pada-program-jkn-kris-jkn
Gakoi, A., & Sadewo, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Faskes Dasar Trowulan Mojokerto. Paradigma, 9(2), 1–16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37369
Hanindiya, B. (2022). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keluarga Tidak Memiliki BPJS Mandiri Diwilayah Kerja Puskesmas Singosari Kota Pematang Siantar Tahun 2017. Jurnal Kesehatan, 10(1), 95–100.
Holt, D. T., Armenakis, A. A., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2007). Readiness for organizational change: The systematic development of a scale. Journal of Applied Behavioral Science, 43(2), 232–255. https://doi.org/10.1177/0021886306295295
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958
Kemenkes. (2016a). Kuatkan Layanan Kesehatan, Pemerintah Lakukan Lima Upaya Secara Simultan. Kemenkes. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20161104/2918732/kuatkan-layanan-kesehatan-pemerintah-lakukan-lima-upaya-secara-simultan/
Kemenkes. (2016b). Perkembangan dan Tantangan Implementasi JKN. Kemenkes. https://www.kemkes.go.id/article/view/16102600001/-perkembangan-dan-tantangan-implementasi-jkn.html
Kurniawati, G., Jaya, C., Andikashwari, S., Hendrartini, Y., Dwi Ardyanto, T., Iskandar, K., Muttaqien, M., Hidayat, S., Tsalatshita, R., & Bismantara, H. (2021). Kesiapan Penerapan Pelayanan Kelas Standar Rawat Inap dan Persepsi Pemangku Kepentingan. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.53756/jjkn.v1i1.15
Lestari, I. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Sawerigading Kota Palopo. In Skripsi Universitas Hasanuddin.
Mukharrim, M. S., Abidin, U. W., & Rahmani, F. A. (2021). Hubungan Tingkat Pemahaman dan Partisipasi Masyarakat Dusun Silopo Terhadap Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan. Peqguruang: Conference Series, 3(2), 781–788.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017
Putri, D. A., Ramadhanty, R. W., Oktaviani, W., & Gurning, F. P. (2022). Analisis respon masyarakat dalam implementasi kebijakan Kelas Standar BPJS Kesehatan di Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Songsongan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 1121–1128. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/1953
Putri, N. E. (2014). EFEKTIVITAS PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL MELALUI BPJS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN DI KOTA PADANG. Tingkap, X(2), 175–189. https://doi.org/10.1016/S1697-2600(13)70010-3
Putri Nugraha, J., Al, D., Gairah Sinulingga, S., Rojiati, U., Gazi Saloom, Mk., Rosmawati, Ms., Fathihani, Ms., Mail Hilian Batin, M., Widya Jati Lestari, M., Khatimah, H., & Maria Fatima Beribe, C. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen.
Rahmayani, C. K. (2023). Faktor Hambatan dalam Akses Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1337–1344.
Retnaningsih, H. (2022). Rencana Penghapusan Kelas Peserta BPJS Kesehatan. Info Singkat, XIV(1), 25–30.
Sabilla, A. G. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Medika Hutama, 3(1), 1654–1659.
Situmorang, J. R. (2022). Strategi komunikasi bpjs kesehatan cabang pekanbaru guna meningkatkan tertib pembayaran iuran oleh peserta mandiri jkn-kis di kota pekanbaru. In Skripsi. https://repository.uir.ac.id/11133/1/179110207.pdf
SJSN, U. (2004). UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. In RI.
Solechan, S. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 686–696. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.686-696
Suhanda, R. (2015). Jaminan kesehatan dan managed care. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 104–113.
Winaka, H. A., Salim, M., & Eka, S. (2022). Analisis Kualitas Layanan Peserta BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan (Studi pada Layanan Peserta Mandiri di Wilayah Kantor Cabang Curup). Student Journal of Business and Management, 25, 710–736.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5210
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.