Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Varian Produk, Pelayanan, Promosi Dan Interior Cafe Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sawerandah Lippo Cikarang Bekasi

Hendri Firdaus, Joko Mulyono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variable Harga, Kualitas Produk, Varian Produk, Pelayanan, Promosi Dan Interior Café terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Sawerandah Café Lippo Cikarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Probability Sampling dan jenis pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah populasi 237 responden kemudian memakai rumus slovin untuk mendapatkan sampel yang diteliti sebanyak 149 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis linear berganda dibantu dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 dan IBM SPSS 26.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel Lokasi, Promosi, Pelayanan, Fasilitas dan Keamanan secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha. Variabel Pelayanan dan Promosi tidak berpengaruh secara partial terhadap keberhasilan usaha. Secara simultan variable independent berpengaruh positif dan signifikan terhadap variael dependent. Variabel independent mampu memberikan kontribuli Keberhasilan Usaha sebesar 80,6% dan sebesar 19,4% Keberhasilan Usaha dipengaruhi oleh variable-variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam variable penelitian ini.
Kata kunci: Keberhasilan Usaha, Harga, Kualitas Produk, Varian Produk, Pelayanan, Promosi, Interior Café

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdurahman, Maman. Sambas, Ali Muhidin, Ating Somantri, 2011, Dasar-dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung, Pustaka Setia.

Abdul Latief. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol.7, No.1.

Agus Sulastiyono, 2002, Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Edisi Pertama, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Agus Hermawan. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.

Agus Hermawan. 2013. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Agustina Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.Malang.

Ahmad Kamaruddin. (2013). Akuntansi Manajemen: Dasar-Dasar Konsep Biaya Dan Pengambil Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Assauri,Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.362 Hal Batini,. (2009). Beyond Accuracy: What data quality means to data consumers. Journal of Management Information Systems, 12, pp. 5-34.

Benecdicta Prihatin dwi Riyanti.2003. Kewirausahaan dari sudut pandang psikologi kepribadia. Jakarta: Grasindo

Basrowi. (2014). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Carmelita, Carissa Vaudia, Moch. Dzulkirom AR dan Zahroh Z.A. Analisis Activity Based Costing System Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Guna Menentukan Harga Jual Gula: Studi Kasus pada PT. PG. Kebon Agung Unit PG. Kebon Agung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 48 No.1, 2017.

Camelia Praestuti. 2020. Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mama-Mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Naribe. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 10, No. 1, 2020.

D. K. Ching, Francis (1996). Architecture; Form, Space, And Order. Cetakan ke –6. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Dodsworth, Simon (2009), The Fundamentals Of Interior Design, USA: AVA Publishing.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 17-32.

Tjiptono,Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta

Febe Angelin Tandjung Suatmodjo. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Zybrick Coffee & Cantina, AGORA Vol 5, Bo.

Gitosudarmo, Indriyo. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit: BPFE – Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam., Ratmono, Dwi. (2013). Analisis Multivariat dan Ekonometrika,Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Groover, Mikell P. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing Fourth Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Untoro, Joko. (2010). Ekonomi. Jakarta: Kawah Media. June 2021,from Scribbr: https://www.scribbr.com/methodology/samplingmethods/

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, & Amstrong. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.

Kotler, Phillip dan Keller,Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat. Lamb dalam Bob Sabran, 2012, Manajemen Pemasaran, penerbit erlangga. Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta. Moenir, 2005. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta

Muharam Irwan, (2014). Pengaruh Variasi produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, UPI “YPTK”: Padang.

Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati.2019. Metodologi Penelitian Sosial.Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nanang Martono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Rajawali Pers.

Nasution,M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Novari. (2002). Keberhasilan usaha diidentikan dengan perkembangan perusahaan. Diakses 20 November 2020.

Orville, Larreche, Boyd. (2005). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Samsul Ramli. 2013. Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa

Schroeder, Roger G. 2008. Operations Management Contemporary Concepts and Cases. Fourth Edition. USA: Mc Graw-Hill.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suryana, (2003). Kewirausahaan : Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Suryana. (2014). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sunyoto, Danang. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryana. (2006). Kewirausahaan, Edisi 3, Bandung : Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Tjiptono, Fandy, & Chandra, Gregorius. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta : Andi.

Warnadi, & Aris Triyono. (2019).Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Wicaksono, Andi, A., & Trisnawati, Endah. (2014) Teori Interior. Kota Griya Kreasi. Penebar Swadaya Grup.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5225

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics