Pengaruh Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Handphone Xiaomi Di Bekasi

Anwaruddin Yusuf

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada handphone Xiaomi di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif, yang meliputi penyusunan, penjelasan, analisis, pengujian hipotesis, serta penyimpulan dan saran berdasarkan hasil penelitian. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 responden, dipilih dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi partial (Partial Least Square). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parsial antara variabel Citra Merek dan Keputusan Pembelian, dengan nilai t-statistik sebesar 2.779 yang lebih besar dari 1.96. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh positif antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian pada handphone Xiaomi di Bekasi. Selain itu, terdapat pengaruh parsial antara Harga dan Keputusan Pembelian, dengan nilai t-statistik sebesar 2.666 yang juga lebih besar dari 1.96, menunjukkan adanya pengaruh positif antara Harga dengan Keputusan Pembelian pada handphone Xiaomi di Bekasi. Secara simultan, variabel Citra Merek dan Harga juga berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada handphone Xiaomi di Bekasi, dengan nilai P-value sebesar 0,02 untuk variabel Citra Merek (X1) dan 0,00 untuk variabel Harga (X2). Hasil ini menunjukkan bahwa keduanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selanjutnya, nilai R-square sebesar 0,771 atau 77,1% mengindikasikan bahwa variabel Citra Merek dan Harga secara bersama-sama berkontribusi sebesar 77.1% terhadap variabilitas Keputusan Pembelian. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Kata Kunci: Citra Merek; Harga; Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aditya Hangga Supangkat. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS DI INTAKO. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9).

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688

Anggriawan, J., & Brahmayanti, I. A. S. (2016). Pengaruh produk, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Finele Pasar Atom Mall Surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 11–30.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Dzulkharnain, E. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2). https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.543

Haque, A., & Rahman, M. (2021). Impact of pricing strategy on customer buying decision: A study on Bangladeshi consumers. Journal of Marketing Analytics, 9(1), 14–33.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan - Google Books. In Unitomo Press (p. 61).

Keller, K. L. (2016). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing management (16th ed.). Pearson.

Muhammad Hanapi S, & Agus Sriyanto, S. E. M. M. (2018). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, MINAT BELI, DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Financial Marketing Operational Human Resources (FAMOUS), 1(2).

Sabrina, H. (2018). PENGARUH HARGA DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN LIFEBOY. Jurnal PLANS : Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2). https://doi.org/10.24114/plans.v12i2.9573

Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2018). Research methods for business students. Pearson.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20–32. https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.209




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5234

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics