Pengaruh Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Dengan Dimediasi Kepuasan Konsumen

Ika Kusrofatul Laila, Ratna Kusumawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli dengan dimediasi kepuasan konsumen pada ibu rumah tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari kuisioner yang disebarkan kepada Ibu Rumah Tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu sample jenuh dengan responden 105 Ibu Rumah Tangga yang ada di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan software Smart Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli pada Ibu rumah tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli pada Ibu rumah tangga di Desa Karangsono Kecamatan Mranggen.

This study aims to examine the effect of price and brand image on purchasing decisions for bi-moli cooking oil mediated by consumer satisfaction among houswives in Karangsono Village, Mranggen District. This type of research is quantitive reesearch. The data used is primary data obtained from questionnaires distributed to houswives in Karangsono Village, Mranggen Dis-trict. The sampling method used was a saturated sample with 105 housewives as respondents in Karangsono Village, Mranggen District. The data in this study were processed with the help of Smart Partial Least Square (SEM-PLS) software. The result of this study indicate that price and brand image have a positive and significant effect on the decision to purchase bimoli cooking oil for housewiving in Karangsono Village, Mranggen District. The result also show that con-sumer satisfaction can mediate the effect of price and brand image on purchasing decisions for bimoli cooking oil for houswives in Karangsono Village, Mranggen District.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Achmadi, R. N., & Hidayat, A. M. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Honda Beat di Kota Bandung Tahun 2017. E-Proceeding Of Applied Science, 4(1)(1), 20–33.

Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayanti, B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Roti Aloha Perumahan Gunung Kidul Kabupaten Jember) 2528-0570. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.3 No.2(2), 186–196.

Al Rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49.

Amanah, D. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Asia Teknik Kreasindo. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, March 2010, 12–26.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136.

Ariadi, A., Yusniar, M. W., & Rifani, A. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy Pada Dealer Honda Di Kota Banjarmasin. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(3), 252-268.

Authors, & Gunawan, F. S. A. C. (2017). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.

Dela, R. O., Budiantono, B., & Hastuti, T. (2021, November). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Kedai Jumjum Thai Tea Pare-Kediri. In Widyagama National Conference On Economics And Business (Wnceb) (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-7).

Dharmawan, E., & Hidayat, I. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Word Of Mouth (Wom) yang Dimediasi Kepuasan Konsuen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 7(2).

Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia. Osf Preprints, 1, 1–9.

Ghozali. (2014). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Undip.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 143–161.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 6(3), 77–84. 1

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37-43.

Lionarto, Melitina Tecoalu, S. W. (2022). Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal Of Manajemen And Business (Jomb), 4(527–545), 9–25.

Mantauv, C. S. (2014). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(2), 81-88.

Mardani, A. D., Yani, A., & Napisah, S. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subisidi Kota Pangkalpinang. Jem Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1), 96-104.

Mas’ud, A. A., Rombe, E., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café Dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (Jimut), 4(1), 71–80. Https://Doi.Org/10.22487/Jimut.V4i1.107

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.

Nurkhasanah, S., & Mahmud, M. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Online yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Shopeefood). Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis (Jmdb), 1(2), 1-16.

Pamungkas, A. D., & Widodo, A. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Green Product Pertamax Turbo (Ron 98) Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Eproceedings Of Management, 5(2).

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal Of Business & Applied Management, 10(1).

Pradana, M. F., Dimyati, M., & Subagyo, A. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Waroeng Spesial Sambal “Ss” Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 11.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 150-160.

Prawira, Y. S., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh Citra Merek, Atmosfer, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 5(11).

Putra, M. I., Suharyono, & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 12(7), 1–10.

Ramadhani, A. N., & Masitoh, S. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ilmiah Komunikasi (Jikom) Stikom Ima, 11(03), 135-143.

Safi’i, A. (2021). Dampak Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen Smartphone Xiaomi (Studi pada Pengguna Smartphone Kecamatan Malo Bojonegoro). Edutama.

Saputra, S. T., Kadarisman, H., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6), 85–95.

Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Ter-hadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal Semar: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.

Sari Et Al. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Variabel Green Marketing dan Brand Ambassador Umkm Ngudi Rejeki Kelorida. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 308–327.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Xiii(2), 140–146.

Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.

Wijayanti, I. A., Budiantono, B., & Hastuti, T. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas yang Dimediasi Kepuasan Konsumen Ahass Tawangsari Motor Lawang. Widyagama National Conference On Economics And Business, Wnceb, 18–24.

Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Python Cookbook, 706.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5239

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics