Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang

Etty Zuliawati Zed, Yunita Ramadhani Ratnaningsih, Tri Mulyani Kartini

Sari


Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat didunia khususnya internet telah membuat pergeseran perilaku termasuk di Indonesia salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce yang mengindikasikan berpindahnya transaksi jual beli yang tadinya dilakukan secara tatap muka menjadi online dengan hanya menggunakan smartphone. Seiring merebaknya konsep online shop menjadikan marketplace bermunculuan. Salah satu fitur online shop online customer review (OCR) baru- baru mendapat perhatian besar baik dari akademisi maupun para pebisnis pada hubungannya dengan keputusan pembelian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang dengan jumlah 4.154 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuisioner/angket yang di uji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f) dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package For the Social Sciences) versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Online Customer Review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang , secara parsial Online Customer Rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang, secara simultan Online Customer Review dan Online Customer Rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di e- commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang.

Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating dan Keputusan Pembelian Online

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi z. Jurnal Intekna, 19(2), 115–120.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, D. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 8 (2), 55-66,2019, 1–11.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Jurnal Akmami (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi), 2(2), 204– 219.

Astuti, R., & Dewi, A. P. (2019). The Influence Of Consumer Reviews Prices And Online On Product Purchase Decisions In Fashion Category In Shopee (Case Study Of Faculty Of Economics And Business, University Of Muhammadiyah Sumatera Utara). Journal Of International Conference Proceedings (JICP), 2(1), 1–10.

Brestilliani, L. (2020). Pengaruh brand awareness, brand ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee (studi pada mahasiswa stiesia ). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(2), 1–19.

Daulay, R., & Mujiatun, S. (2021). The Appeal Of Advertising And Word Of Mouth To Online Shopping Interests On Shopee Application. Internasional Journal Reglement & Society, 2(1), 45–53.

Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis faktor-faktor psikologis terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di kota medan. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 1–6.

Elwalda, A., & Kingdom, U. (2016). The Impact of Online Customer Reviews ( OCRs ) on Customers ’ Purchase Decision. Journal of Customer Behaviour, 44(0), 0–55.

Engler, T. H., Winter, P., & Schulz, M. (2015). Journal of Retailing and Consumer Services Understanding online product ratings : A customer satisfaction model. Journal of Retailing and Consumer Services, 27, 113– 120. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.07.010

Erlina, & Mulyani, S. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis (Untuk Akuntansi Dan Manajemen) (Cetakan 1). Medan: USU Press.

Farki, A., & dkk. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di indonesia. Jurnal Teknik Its, 5(2).

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1).

Gesitera, G. (2020). Pengaruh online customer review terhadap purchase intention dengan trust sebagai intervening pada toko online bukalapak di kota padang. Jurnal Maksipreneur, 9(2), 173–194.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga. Jurnal Teknik Its, 9(2), 234–239.

Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. E-Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.

Istiqomah, Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis pengaruh kepercayaan, iklan dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian di situs shopee di kota lumajang. Jurnal Progress Conference, 2(July), 557–563.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion The effect of free shipping promotion and online customer rating on the purchase decision of fashion product. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Juliandi, A., & Irfan, I. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu- Ilmu Bisnis. Bnadung: Citapustaka Media Perintis.

Julianti, & Aini, Y. (2019). © 2018 The Authors. Published by Cano Ekonomos. (1), 99–106.

Kanitra, A. R. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian ( Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015 / 2016 dan 2016 / 2017 Tahun Akademik 2017 / 2018 Pembeli Produk Oppo Sm.

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(1), 64–73.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing (14th ed.). New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Jakarta: New Jersey: Prentice-Hall Published.

Lackermair, G., & dkk. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer ’ s Perspective. Jurnal Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 139–154.

Lee, E. J., & Shin, S. Y. (2014). When Do Conumers Buy Online Product Reviews? Effects Of Review Quality, Product Type, and Reviewers Photo. Journal Computers in Human Behavior, 31, 356–366. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0747563213004007? via%3Dihub

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada sekolah tinggi ilmu manajemen sukma medan. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15–24.

Mu’nis, H., & Komaladewi, R. (2020). Analisis Komparatif Online Customer Review dan Survey Customer Review Marketing mix. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(3), 138–148.

Nainggolan, R., & Purba, E. (2019). Perbaikan performa cluster k-means menggunakan sum squared error (sse) pada analisis online ccustomer review terhadap produk toko online. Jurnal Times, VIII(2), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics