Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Air Mineral Merek Aqua Di Kabupaten Kampar

Khusnul Khotimah

Sari


Air dalam kemasan (AMDK) merek Aqua menjadi minuman yang terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan kualitas produknya yang baik sehingga merek tersebut tentunya sangat akrab dengan Masyarakat di Indonesia khusunya di Kabupaten Kampar. Keberadaan produk ini dipercaya sebagai produk ADMK yang memiliki kualitas yang baik dan berbeda dengan merk lainny. Hal ini terlihat dari adanya kepuasan konsumen dan munculnya loyalitas konsumen terhadap produk ini. Penelitian ini menggunakan beberapa variable tambahan sebagai salah satu kontribusi dalam melihat keputusan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan konsumen membeli air mineral merek Aqua di kabupaten kampar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyajikan data penelitian yang bersumber dari angket dan studi literatur. Responden yang dilibatkan adalah konsumen sebanyak 100 responden. Analisis data dengan Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi SPSS. Temuan penelitian yaitu secara parsial, diketahui bahwa seluruh variabel yang diuji berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan konsumen membeli air mineral Aqua dan variabel loyalitas merek menjadi faktor yang dominan.

Kata Kunci : Ekuitas Merek, Keputusan Konsumen, Air Mineral

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afrizal, D., Al-Amaren, E. M., & Yusuf, I. M. (2021). the Participation of the Breeders : Regional Regulation of Dumai City Concerning Livestock and Pets. Yustisia Jurnal Hukum, 10(1), 84. https://doi.org/10.20961/yustisia.v10i1.49001

Afrizal, D., Utama, S., Hildawati, H., Yuhardi, Y., & Sofyan, S. (2023). Factors Influencing The Intention of Businesses Actor To Adopt Online Applications : An Empirical Evidence In Indonesia. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 3(1), 66–75.

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926

Cooper, D. R. (1998). Metode Penelitian Bisnis (Jilid 2). Erlangga.

Firdaus, M. F., & Yamini, E. A. (2023). Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Sandal Merek Eiger. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 1154–1160.

Firdaus, & Tunggal, A. T. (2023). Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merek Aqua Kemasan Galon Studi Kasus Menur Pumpungan Sukolilo Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 3(1), 30–35.

Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253–274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912

Irawan. (2021). Metode Penelitian Survei. LP3ES.

Kapirossi, B., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 66. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2014). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2001). Marketing management. In Soldering & Surface Mount Technology (Global Edi, Vol. 13, Issue 3). https://doi.org/10.1108/ssmt.2001.21913cab.040

Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753–765. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398

Marlius, D., & Darma, K. P. K. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Oppo Pada Toko Faiqah Ponsel Di Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Economina, 2(1), 1050–1062. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.234

Maulidah, R., Mardani, R. M., & Arsyianto, M. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA di Kota Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 744–754.

Rahmawati, S. (2023). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Digital Terhadap Kesadaran Merek Dan Keputusan Pembelian Apartemen Majestic Point Serpong Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i1.120

Ramdhani, M. D., & Masnita, Y. (2023). Peran Pemasaran Media Sosial Pada Ekuitas Merek Menggunakan Citra Dan Kepercayaan Merek. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 13(1), 89–103. https://doi.org/10.37932/j.e.v13i1.701

Salmawati, M., Sri, D., & Aeni, N. (2023). Analisis Kualitas Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Desa Gunung Sejuk Kecamatan Sampolawa Buton. Jurnal Kalwedo Sains, 4(1), 56–59. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kalwedosains/article/view/9051

Simamora, H. (2004). Manajemen sumber daya manusia (3 cetakan). STIE YPKN.

Wayan, N., & Dewi, R. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) CLEO Di Kota Denpasar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata,




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics