Kepuasan Pelanggan pada Hotel Comforta Dumai

E. Maznah Hijeriah, Dila Erlianti, Sopyan Sopyan

Sari


Hotel merupakan sebuah solusi penting bagi masyarakat yang sering berpergian atau melakukan kegiatan di kota lain dan memerlukan tempat menginap. Hotel Comforta Dumai menjadi wujud pemenuhan kebutuhan akan jasa hotel di Kota Dumai. Hotel Comforta menyediakan akomodasi dan pelayanan profesional dengan fasilitas yang lengkap dengan mengedepankan kenyamanan konsumen serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Hasil observasi ditemukan kurang tercapainya target penjualan dan masih tingginya harga produk yang ditawarkan oleh Hotel Comforta Dumai. Penelitian menggunakan pendapat Lupiyoadi (2001) melihat kepuasan pelanggan melalui kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan biaya. Sampel pada penelitian ini sejumlah 100 orang, Teknik pengambilan sampel karyawan menggunakan sampling jenuh dan untuk pelanggan menggunakan sampling insidental. Teknik pengumpulan data wawancara dan angket. Analisa data menggunakan metode statistik deskriptif. Temuan penelitian berada pada kategori puas. Faktor pendukung ialah terdapatnya kualitas produk dan kualitas pelayanan, sedangkan faktor penghambat kurangnya kesesuaian harga dan kurangnya faktor emosional.

Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Hotel, Layanan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afrizal, Dedy. 2020. “E- Government Service Review In Dumai City Indonesia.” Jurnal Niara 13(1):260–67.

Afrizal, Dedy, Nahar Effendi, and Pertiwi Handayani. 2019. “Upaya Pemberian Pelayanan Publik Di Upt Puskesmas Balai Makam Kabupaten Bengkalis.” Jurnal Niara 12(1):69–78.

Afrizal, Dedy, and Chalid Sahuri. 2012. “Analisis Manajemen Pelayanan Publik.” Jurnal Administrasi Pembangunan 1(1):47–50.

Chaniago, Harmon, and Khare. 2020. “Analisis Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Dan Harga Pada Loyalitas Konsumen Nano Store.” International Journal Administration, Business and Organization 1(2):59–69.

Erpurin, Walai. 2019. “Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel ÉL Royale Bandung.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7(2):181.

Kasinem, Kasinem. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 17(4):329. doi: 10.31851/jmwe.v17i4.5096.

Khabibah, Nur. 2019. “Perpustakaan IAIN Pekalongan Perpustakaan IAIN Pekalongan.” Jurnal Ekonomi Islam (Marketing Mix).

Mamesah, Priska R. E. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Lucky Inn Manado.” Jurnal Administrasi Bisnis 1(1):46–52.

Santoso, Joko Bagio. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen 16(01):127–46. doi: 10.36406/jam.v16i01.271.

Saputra, Suparno, and Sudarsa Resty Yulistianis. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment.” Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 9(2):21–31.

Sugiyanto, Eviatiwi Kusumaningtyas, and Fera Kurniasari. 2020. “DIMENSI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang).” Business Management Analysis Journal (BMAJ) 3(2):112–25. doi: 10.24176/bmaj.v3i2.5372.

Susnita, Tia Aprilia. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Libra Kadipaten Kabupaten Majalengka.” Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan) 3(1):73–84. doi: 10.33395/juripol.v3i1.10485.

Wahyuningsih, Sri. 2018. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja.” Jurnal Warta 57(Juli):91–96.

Yuhardi. 2020. “Analysis of Factors Affecting Consumers in Decision Making Purchases of Indomie Brand Instant Noodle Products.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 1(2):118–26.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5295

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics