Implementasi Digital Marketing dan Customer Relationship Management Pada UMKM 2U Collection

Lady Lady, Michelle Michelle, Cecilia Cecilia, Bendi Safero, Louis Hernandez, Jacky Jacky

Sari


2U Collection merupakan salah satu UMKM Batam di bidang collection. 2U Collection merupakan toko yang didirikan sejak tahun 2013 dengan menjual berbagai jenis tas dan sepatu mulai dari fashion hingga model formal. Pada saat ini, 2U Collection belum melakukan digital marketing yang memiliki berbagai manfaat dalam UMKM ini sehingga penulis melakukan pengembangan digital marketing guna untuk mendukung kegiatan UMKM. UMKM 2U Collection sebelumnya hanya memiliki sosial media berupa whatsapp (pribadi). Penulis mengembangkan berbagai macam digital marketing berupa whatsapp business, google maps, website, Instagram, linktree, serta facebook. Dengan adanya berbagai pengembangan digital marketing, toko 2U Collection dengan beberapa produknya mulai dikenal oleh pengguna sosial media di instagram maupun facebook.
Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Sosial Media

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdul, F. W., & Evitha, Y. (2019). Desain jaringan distribusi berbasis e-business pada sistem rantai pasok. Jurnal Logistik Indonesia, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.31334/jli.v3i1.349

Bowen, G. A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Friedland, J. (2018). The next step in social media marketing? PushediN: The Next Step in Social Media Marketing? https://doi.org/10.4135/9781526449542

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion).

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2020). Rulers of the world, unite! The challenges and opportunities of artificial intelligence. Business Horizons, 63(1), 37–50. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2019.09.003

Mashuri, & Nurjannah. (2020). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). In Jurnal Perbankan Syariah (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jps

Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). In Anissa Mayang Indri) Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 17, Issue 2).

Pan, Y., Torres, I. M., & Zúñiga, M. A. (2019). Social media communications and marketing strategy: a taxonomical review of potential explanatory approaches. Journal of Internet Commerce, 18(1), 73–90. https://doi.org/10.1080/15332861.2019.1567187

Rahmawati, D., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2019). Pengembangan pemasaran produk roti dan pastry dengan bauran pemasaran 4p di Sari Good Bakery. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 233–243.

Rijanto, E., & Sarwono, H. A. (2015). Profil bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (Umkm). Bank Indonesia Dan LPPI. https://www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/Documents/Profil Bisnis UMKM.pdf

Utama, I. D. (2019). Analisis strategi pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (Umkm) pada era digital di kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping. Jurnal Komunikasi.

Vildayanti, R. A. (2020). Analisis strategi marketing mix (4p) dalam meningkatkan volume penjualan pada perusahaan jasa periklanan Bigevo di Jakarta Selatan tahun 2019. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(2), 248–272.

Wahyudi, Mukrodi, Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal pemasaran digital dan market place: Solusi meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics