Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Peningkatan Penjualan Mobil (Studi Kasus pada PT. Bosowa Berlian Motor di Makassar)

Piter Tiong, Partono Sumaryo, Abdul Latif, R, Muhmmad Yunus Dalle

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik iklan dan celebrity endorser terhadap peningkatan penjualan mobil pada PT. Bosowa Berlian Motor di Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas untuk mengetahui hubungan antara daya tarik iklan dan celebrity endorser terhadap peningkatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli mobil Mitsubishi sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS release 27. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh temuan bahwa daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan mobil pada PT. Bosowa Berlian Motor di Makassar. Kemudian celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan mobil pada PT. Bosowa Berlian Motor di Makassar

Kata kunci : daya tarik iklan, celebrity endorser dan penjualan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anas, A. A., & Tri, S. (2020). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ISSN : 2337-6078, 8(3).

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Belch, G. E., & Belch, Michal, A. (2019). dvertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective (Kedelapan). New York: Pearson Education.

Chung, K. Y. C. (2013). Economic Value of Celebrity Endorsements: Tiger Woods’Impact on Sales of Nike Golf Balls. Journal of Marketing Science 32, 3(2), 271–293.

Dewi, R. (2021). Pengaruh daya tarik iklan dan kekuatan iklan terhadap minat pembelian. Jurnal Akmen, 18(2), 209–218.

Dharmmesta, S. B., & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran (Cetakan ke). Yogyakarta : BPFE.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. (sepuluh). Semarang : Badan Penerbit : Universitas Diponegoro.

Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence Of Celebrity Endorsement On Consumer Purchase Decision : A Case Of Karachi. Imperial Journal Of Interdisciplinary Research (IJIR), 2(1), 102–111.

Kuncoro, M. (2019). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (Ketiga). Jakarta : Erlangga.

Manap, A. (2018). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta:Mitra Wacana Media.

Nazara, D. S. (2021). Pengaruh periklanan terhadap volume penjualan pada toko Tricomsel Gunungsitoli. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntasi, 9(3), 1386–1401.

Philip, K. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2016). Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario. Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 1–12.

Sekaran, U. R. B. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian, Edisi keenam, Buku satu, Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Shimp, A. T. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.

Song, G. F., & Chaipoopiratana, S. (2015). A Study of Chinese advertising practitioner’s perspectives on the selection of celebrity endorsers. Journal of Business and Behavior Sciences, 15(2).

Sudaryono. (2018). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (cetakan ke). Yogyakarta : Alfabeta.

Sumarwan, U. (2019). Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen Dan Marketing Plan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Sunjoyo. (2017). Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama.

Suyanto, M. (2015). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta : Andi Omikom.

Wibowo, L. A., & Priansa, D. J. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics