Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction (Studi Pengguna Official Lazada Indonesia di Instagram)

Nurhalimah Nurhalimah, Danang Kusnanto

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-trust dan e-service quality terhadap e-satisfaction (studi pengguna official lazada indonesia di instagram). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 349 responden. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Kemudian dilakukan beberapa tahap pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi berganda, regresi linier berganda, uji T dan uji F menggunakan alat analisis SPSS 24. Hasil dalam penelitian ini didapatkan bahwa e-trust dan e-service quality memiliki korelasi yang signifikan sebesar 0,721 yang berarti memiliki hubungan yang kuat. E-trust berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,582 atau 58,2%. Kemudian e-service quality berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,307 atau 30,7%, dan e-service quality berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,307 atau 30,7%. E-trust dan e-service quality secara simultan berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,690 atau 69,0%.
Kata Kunci: e-trust, e-service quality, e-satisfaction.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Azizi A Rachman, & Nuruni I Kusuma W. (2021). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALITY MELALUI VARIABEL PENGHUBUNG E-SATISFACTION (Studi Kasus : Pelanggan Traveloka di Surabaya). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2(3).

Fitriana, I., Sugiono, A., & Adistya, D. (2020). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-SATISFACTION (Survei pada Mahasiswa Pengguna OVO di FISIP Universitas Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(4), 7.

Haria, T. T., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Pengguna Aplikasi Mobile. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019, 135–140.

Izhhar Gemilang, & Harry Soesanto. (2021). ANALISIS PENGARUH PROMOTION DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce C2C Bukalapak di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(2).

Pradnyaswari, N. P. I., & Aksari, N. M. A. (2020). E-Satisfaction Dan E-Trust Berperan Dalam Memediasi Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pada Situs E-Commerce Blibli. Com. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2683.

Rakasiwie, B., & Ekasasi, S. R. (2022). Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Penjual Online pada Situs Bukalapak. Com. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 173.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5525

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics