Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis E-learning terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 7 Takalar

St Nur Rahmaniar, Samsinar Samsinar, Sahade Sahade

Sari


Seiring perkembangan ilmu teknologi, metode pembelajaran berbasis e-learning menjadi salah satu strategi yang dapat diaplikasikan guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 7 Takalar. Variabel penelitian ini terdiri atas strategi pembelajaran e-learning sebagai variabel bebas (variabel independent) serta prestasi belajar sebagai variabel terikat (variabel dependent). Desain yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistic. Data diperoleh dari populasi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Makassar dengan sampel yang diambil sebanyak 52 responden yang ditarik menggunakan Teknik jenuh sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji instrument, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan perangkat lunak komputer SPSS 21.00 untuk menghitung persentase dari setiap item pertanyaan dalam kuesioner sebagai bagian dari penyajian data. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis E-learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 7 Takalar.

Kata Kunci: strategi pembelajaran; e-learning; prestasi belajar.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abd Rijal, H., & Atunnisa Nur, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri 1 Makassar The Effect Of The Use Of Internet Media On Student Learning Motivation In Accounting Expertise Programat Smk Negeri 1 Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3.

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiana, H. R. , S. N. A. dan B. I. (2015). 9042-15276-1-PB. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 4, 59–62.

Daryanto. (2010). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 12, Nomor 1).

Indrawati, F. (2013). Jurnal Formatif 3(3): 215-223 Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Makmur, D., & Wahyuningsih, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. ke-1. Informatika Bandung.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Surjono, H. D. (2011). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. UNY Pers.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5566

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics