Analisis Strategi Agent Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT. Prudential Syariah Cabang Binjai

Ali Rahman, Yusrizal Yusrizal

Sari


Asuransi merupakan salah satu acuan untuk memenuhi kebutuhan dan perasaanaman dalam menghadapi ketidakpastian yang mungkin timbul dalam kehidupan masyarakat serta risiko yang akan dialami oleh perusahaan. Asuransi merupakan salah satu sarana finansial (keuangan) kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi risiko kematian maupun dalam menghadapi risiko harta benda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan agen dalam mempertahankan loyalitas nasabah di PT Prudential Syariah Cabang Binjai. Dalam hal ini untuk mengungkapkan persoalan secara mendalam dan menyeluruh, metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa observasi,wawancara dan data sekunder berupa artikel-artikel,jurnal,dan media online. Kemudian data tersebut diuraikan,dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dari hasil penelitian strategi mempertahankan loyalitas nasabah yang dilakukan agen adalah memperkuat strategi pemasaran dimana strategi pemasaran dilakukan agen yaitu personal selling(penjualan pribadi) dimana metode personal selling dalam memasarkan produkmya harus memilih dan menilai prospek, melakukan pendekatan, prestasi,mengatasi keberatan, dan penutup. Strategi lain yang dilakukan agen adalah dengan mendapatkan kepercayaan dari nasabah, jika nasabah sudah percaya dia akan mempertahankan loyalitas pada asuransi, dan agen menjaga komunikasi dan hubungan yang baik terhadap nasabah. Dan strategi lain dalam mempertahankan loyalitas agen harus aktif dan bertanggung jawab dan mendalami ke 6 peran sebagai agen yaitu sebagai inisiator, sebagai konektor, sebagai komunikator, sebagai motivator, sebagai edukator dan sebagai adminisator.

Kata Kunci: Strategi Mempertahankan Nasabah,Agen,Loyalitas Nasabah

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dini,Nur Haq,Iza Hanifuddin.(2020).”Analisis Strategi Pemasaran Agen Asuransi Jiwa Bersama (Ajb) Bumiputera Cabang Ponorogo Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah” skripsi- Ekonomi dan Bisnis islam,ponorogo.

Fitrah, A. T., & Aslami, N. (2022). Peran Agen Dalam Menentukan Perencanaan Pemasaran dan Meningkatkan Minat Nasabah terhadap Produk Asuransi Syariah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(1), 25–33. https://doi.org/10.47467/mk.v21i1.872

Lovelock, C. (2010). Pemasaran Jasa Manusia, Tekonolgi, Strategi Perspektif Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Nugraho, M. F. (2022). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi pemasaran pada BRI Life. 2(2), 1534–1547.

Presiden RI. (2014). UU RI No.40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Www.Ojk.Go.Id, 1–46. https://www.ojk.go.id/Files/201506/1UU402014Perasuransian_1433758676.pdf

Utari, W., & Darminta, M. Y. (2022). Strategies To Maintain Customer Loyalty In Indonesia’s Pandemic. Jurnal Ekbis, 23(1), 285. https://doi.org/10.30736/je.v23i1.1156

Susi, Susanti. (2018).“Penerapan Strategi Promosi Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah” Skripsi- Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam, Bengkulu.

Tjiptono, Fandy. (2000).Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono(2007), Pemasaran Jasa.Malang: Bayumedia




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5573

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics