Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli Kopi Kenangan di Kota Makassar

Romansyah Sahabuddin, Hery Maulana Arif, Sri Natalia, Lisa Astina, Sintia Anafani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap minat beli Kopi Kenangan yang ada di kota Makassar. Di jaman yang sudah berkembang ini industry kopi juga semakin maju, hingga muncullah persaingan yang ketat di pasar kopi, banyak para produsen kopi berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Fenomena itulah yang menjadikan preferensi konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk peningkatan minat beli konsumen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan kuisioner yang disebar secara online dalam bentuk google form kepada 100 responden yang pernah membeli Kopi Kenangan dan yang berdomisili di kota Makassar. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS dengan metode analisis yang digunakan yaitu uji reliabilitas, uji validitas dan analisis regresi linear sederhana. Sehingga mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa variable X berpengaruh terhadap variable Y. dimana X (prefrensi konsumen) yang merupakan variable independen dan Y (minat beli) yang merupakan variable dependen. Selain itu ditemukan juga bahwa banyak konsumen yang mempunyai minat beli lebih cenderung ke kopi Kenangan dikarenakan rasa,varian menu dan harga yang sesuai dengan kualitas dari produk.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ariana, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon Yogyakarta. 1–23.

Bella Windy Putri Ayunesya. (n.d.). Skripsi Pdf..Pdf.

Chrysanthini, B., Sumarwan, U., & Rifin, A. (2018). Preferensi Konsumen terhadap Produk Sayuran Organik (Studi Kasus Konsumen UD Fabela-Myfarm) di Bogor Jawa Barat. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 151. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.151-160

Donovan, J., & Hurdawaty, R. (2022). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Es Kopi Susu (Studi Kasus Pada Konsumen Ombe Kofie Summarecon Mal Bekasi). Jurnal Pendidikan Dan Perhotelan (JPP), 2(2), 67–84. https://doi.org/10.21009/jppv2i2.07

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Marketing Mix: Selected Chapters From: Principles of Marketing, Philip Kotler and Gary Armstrong. 7–29.

Priyambodo, C. S., Sastryawanto, H., & Hermawati, D. T. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Buah Jeruk di Pasar Keputran Utara, Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 19(1), 85–103.

Puspitasari, A. I., & Nirawati, L. (2022). Jurnal Mirai Management Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Minat Beli Kopi Kenangan di Suncity Mall Sidoarjo. Jurnal Mirai Management, 7(3), 113–119. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.366

Setiobudi, A., Sudyasjayanti, C., & Danarkusuma, A. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kesediaan Untuk Membayar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(3), 238–252. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i3.12442

Simarmata, L., Osak, R. E. M. ., Endoh, E. K. ., & Oroh, F. N. . (2019). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Broiler Di Pasar Tradisional Kota Manado (Studi Kasus “Pasar Pinasungkulan Karombasan”). Zootec, 39(2), 194. https://doi.org/10.35792/zot.39.2.2019.24427




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5598

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics