Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Studi Kasus Pada Pt.Telekomunikasi Indonesia Kandatel Garut

Jajang Sugiat

Sari


ABSTRAK
PT. Telkom Kandatel Garut senantiasa perlu meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan demi menjaga kepuasan pelangganya. Hal ini penting agar loyalitas pelanggan yang telah ada dan kesuksesan selama ini diraih dapat tetap dipertahankan dan kedepanya berusaha untuk selalu ditingkatkan agar dari waktu ke waktu apabila kualitas produk dan kualitas pelayanan baik, maka akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Telkom Kandatel Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, Dalam penelitian ini analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisa koefisien kolerasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan di PT. Telkom Kandatel Garut, terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan di PT. Telkom Kandatel Garut, serta terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Telkom Kandatel Garut. Dengan melihat adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Telkom Kandatel Garut. Maka perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan agar kepuasan pelanggan tetap terjaga.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dedek Kumara, Lip Marlia. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan 2021 SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, Vol. 4, No. 4, October 2021 p-ISSN 2615-3009, e-ISSN 2621-3389.

Hardiyansyah,2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dinamis, Indikator dan Implementasinaya. Yogyakarta: Gava Media

Ichsan Dwi Armanto 2018, Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan IndiHime Triple Play. PT Telkom Indonesia Tbk.

Witel Denpasar E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 3, 2018: 1282-1309

ISSN : 2302-8912.

Khevin Insan Hutahaean1 Dr,.Ir,.Harie Lutfie M.M2 2020. (Pengaruh Harga Dan

Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen IndiHome PT. Telkom Witel) eProceeding of Applied Science : Vol.6, No.2 Agustus 2020 dan ISSN : 2442-5826.

Mega Naliyah Syahfitri, Danang Kusnanto 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal : Studi Kasus IndiHome di Kabupaten

Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Ekonomi, Keuangan &

Bisnis Syariah. Volume 4 No 2 (2022) 216-237 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN

-4351.

Kolter & Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muhammad. Adam, 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Syafarudin, Dadang. 2018. Pengantar Manajemen Pemasaran. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Tanjung,R.ddk.2021. Organisasi dan Manajemen. Medan: Yayasan kita Menulis.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono dan Fandy, Strategi Pemasaran. (Yogyakarta : Andi Offset,2016), hlm 51.

Tjiptono Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet

indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia

https://www.rumah.com/panduan-properti/mengenal-undang-undang-no-8-tahun-

-untuk-perlindungan-konsumen-18089

https://geospasia.com/2019/10/19/pertumbuhan-digital-economic-indonesia-

tertinggi-di-asea




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5600

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics