Perkembangan Penelitian Corporate Social Responsibility dan Kinerja Perusahaan: Analisis Tinjauan Literatur

Ghifari Robby Maulana, Saskya Widya Aqila, Wahyu Romadhoni Riawan, Rayhan Fachri Azhari Rachmadan, Nurul Herawati

Sari


Penelitian ini mengkaji perkembangan penelitian mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) dan hubungan dengan kinerja perusahaan. Pengimplementasian CSR sudah bukan hal yang baru lagi dalam hubungan dengan kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui konsep CSR dan hubunganya dengan kinerja perusahaan pada peneletian terdahulu. Penelitian ini dapat memberikan manfaat guna menambah pemahaman yang lebih komprehensif dalam mengembangakan pengimplementasian CSR agar dapat berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengkaji artikel yang dikumpulkan dari 32 jurnal akuntansi yang terindeks Sinta-2 dengan latar belakang pembahasan mengenai CSR dan kinerja perusahaan. Untuk menemukan artikel yang relevan studi ini mengevaluasi database jurnal akuntansi terindeks Sinta-2 dan Google Scholar. Penelitian ini berfokus pada temuan mengenai penelitaian mengenai CSR dan kinerja perusahaan bedasarkan teori yang berhubungan dengan CSR dan sudah dipetakan oleh peneliti. Peneliti berharap agar temuan yang didapatkan menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi bagi perusahaan agar dapat mengefektifan penerapan CSR pada masyarakat. Penelitian ini juga dapat membantu peneliti selajutnya untuk melakukan peneltian menganai hubungan CSR dan kinerja perusahaan melalui data yang diperoleh.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Chariri, A., & Ghozali, I. (2007). Teori Akuntansi. Semarang. Badan Penerbit UNDIP.

Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach Pitman Publishing Inc. Marshfield, MA.

Filatotchev, I., & Nakajima, C. (2014). Corporate governance, responsible managerial behavior, and corporate social responsibility: organizational efficiency versus organizational legitimacy?

Academy of Management Perspectives, 28(3), 289-306.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3, 305-360.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2006). Fundamentals of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

Akuntansi konservatisme pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 1–16.

Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, R. D., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling theory: A review and assessment. Journal of Management, 37(1), 39-67.

Roychowdhury, S., Shroff, N., & Verdi, R. S. (2019). The Effects Of Financial Reporting And Disclosure On Corporate Investment: A Review. Journal of Accounting and Economics, 68(2–3), 101246.

Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior. Pacific Sociological Review, 18(1), 122-136.

Cuganesan, S., Ward, L., & Guthrie, J. (2007). Legitimacy Theory: A Story of Reporting Social and Environmental Matters within the Australian Food and Beverage Industry. 5th Asian Pacific Interdisciplinary Research in Accounting, 8–10.

Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik corporate social responsibility (csr) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61-66.

Toly, A. A., Ronald, S., Hartanto, V., & Ferdinand, S. (2019). The effect of CSR, tax avoidance, and information asymmetry issues on corporate reputation. Journal of Economics and Business, 2(2).

Bogel, P. M., Lovric, I. B., Bekmeier-Feuerhahn, S., & Sippel, C. S. (2018). SOCIO-CULTURAL DIFFERENCES IN UNDERSTANDING AND DEVELOPMENT OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY IN GERMANY AND CROATIA. The Critical State of Corporate Social Responsibility in Europe, 161.

Yoon, Y., Gürhan-Canli, Z., & Schwarz, N. (2006). The effect of corporate social responsibility (CSR) activities on companies with bad reputations. Journal of consumer psychology, 16(4), 377-390.

Orlitzky, M., Schmidt, F. L., & Rynes, S. L. (2003). Corporate social and financial performance: A meta-analysis. Organization Studies, 24(3), 403-441.

Margolis, J. D., & Walsh, J. P. (2003). Misery loves companies: Rethinking social initiatives by business. Administrative science quarterly, 48(2), 268-30

Yoon, Y., Gürhan-Canli, Z., & Schwarz, N. (2006). The effect of corporate social responsibility (CSR) activities on companies with bad reputations. Journal of consumer psychology, 16(4), 377-390.

Orlitzky, M., Schmidt, F. L., & Rynes, S. L. (2003). Corporate social and financial performance: A meta-analysis. Organization Studies, 24(3), 403-441.

Margolis, J. D., & Walsh, J. P. (2003). Misery loves companies: Rethinking social initiatives by business. Administrative Science Quarterly, 48(2), 268-305.

Ronald, A., et al. (2019). The Impact of Corporate Social Responsibility on Firm Financial Performance: Evidence from Indonesia. Journal of Business and Management, 21(1), 1-10.

Widjaja, A., & Yeremia, A. (2008). Corporate Social Responsibility and Firm Financial Performance: Evidence from Indonesia. Journal of Business and Management, 14(1), 1-12.

Keller, K. L., & Richey, K. (2006). The Importance of Corporate Brand Personality Traits to a Successful 21st Century Business. Journal of Brand Management, 14(1-2), 74-81.

Jukić, T., et al. (2018). Corporate Social Responsibility and Corporate Reputation: A Comparative Analysis of Croatian and Slovenian Companies. Economic Research, 31(1), 1181-1192.

Yoon, Y., et al. (2006). The Impact of Corporate Social Responsibility (CSR) on Consumer Trust: A Cross-Cultural Comparison. Journal of International Business Studies, 37(6), 823-837.

Anita, A., & Anggreni, D. (2021). Kinerja perusahaan: Pengaruh corporate social responsibility dan pertumbuhan pendapatan. Jurnal Akuntansi Bisnis, 19(2), 183-203.

Nugroho, F. A., & Rahardjo, S. N. (2014). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Karakteristikgood Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Muawanah, U., & Hayati, N. (2019). Analisis Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan: Dampak Variabel Kontekstual. Akuntabilitas, 12(1), 93-104.

Alfawaz, R., & Fathah, R. N. (2022). Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan sektor industri kesehatan. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 513-521).

Adi, P. H. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Reputasi Perusahaan. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics