PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN KABUPATEN SOPPENG

Ira wulan rahma, Mattalatta Mattalatta, Rasyidin Abdullah

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis pengaruh kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan pada kantor UPTD PBB Kabupaten Soppeng. 2) Untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan pada kantor UPTD PBB Kabupaten Soppeng. 3) Untuk menganalisis pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan pada kantor UPTD PBB Kabupaten Soppeng.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan pada kantor UPTD PBB Kabupaten Soppeng. 2) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan pada kantor UPTD PBB Kabupaten Soppeng. 3) Kemampuan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan pada kantor UPTD PBB Kabupaten Soppeng.

Kata Kunci : Kemampuan kerja, Motivasi Kerja, Kualitas Pelayanan.

Abstract
The research purpose: 1) To analysis the influence ability to service quality property tax of Soppeng Regency. 2) To analysis the influence motivation work to service quality property tax of Soppeng Regency. 3) To analysis the influence ability and motivation work to service quality property tax of Soppeng Regency
The results showed that: 1) Significant effect on the work ability to service quality property tax at UPTD PBB office of Soppeng Regency. 2) Significant effect on work motivation to service quality property tax at UPTD PBB office of Soppeng Regency. 3) The ability and motivation work had significant effect to the service quality property tax at UPTD PBB office of Soppeng Regency.

Keywords: The Work Ability, The Motivation Work, Services Quality.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Sinambela, Lijan Poltak. 2005. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Sinamo, Jansen H, 2002. Etos Kerja 21 Etos Kerja Profesional di Era Digital Global, Ed 1, Jakarta, Institut Darma Mahardika

Sinungan, Muchdarsyah. 2003. Produktivitas: Apa dan Bagaimana. Bandung: Mandar Maju.

Stoner, A.F, James, et. al,. 2005. Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia. Alih Bahasa: Alexander Sindoro : PT Buana Ilmu Populer. Jakarta.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Yogyakarta : Fisipol UGM.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Tubun, Natalia. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Jurnal PREDIKSI, Vol 3, No.1.

Umar, Husein. 2010. Riset pemasaran dan bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i2.57

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics