Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Siswa Kelas III SDN 224 Inpres Lekoboddong

Adriana Adriana, Muh. Fihris Khalik, Sri Hastati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk dua hal utama. Pertama, untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas III di SDN 224 Inpres Lekoboddong. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas III di SDN 224 Inpres Lekoboddong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi satu guru dan lima belas siswa kelas III di SDN 224 Inpres Lekoboddong. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung dengan memberikan motivasi kepada siswa, memberikan bimbingan tambahan, dan menjalin kerja sama yang baik dengan siswa. Faktor pendukung dalam upaya guru ini mencakup menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang sesuai, dan mendapatkan dukungan dari pihak sekolah. Namun, faktor penghambat yang diidentifikasi termasuk beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar serta kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus di Desa Karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–65.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56.

Hasan, M., Harahap, T. K., & Susanti. (2021). Teori dan Inovasi Pendidikan. Penerbit Tahta Media Group.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65.

Maman, Rachman, M. S., Irawati, Habullah, & Juhji. (2021). Karakteristik Peserta Didik: Sebuah Tinjauan Studi Kepustakaan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 255–266.

Masjidi, N. (2007). Agar Anak Suka Membaca: Sebuah Panduan Bagi Orang Tua. Media Insani.

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-ghazali Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45–52.

Warsita, B. (2009). Strategi Pembelajaran dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 064–076.

Zuryanty, Hamimah, Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5700

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics