Analisis Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas V di SDS Muhammadiyah Jongaya Kecamatan Tamalate

Suhartini Sahibudding, Badruddin Kadda, Nur Syam

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan oleh para guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas V di SDS Muhammadiyah Jongaya. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif. Responden penelitian ini meliputi kepala sekolah, wali kelas V, dan 9 siswa kelas V. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya para guru dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab termanifestasi melalui contoh perilaku yang positif, memperlihatkan kedisiplinan dan tanggung jawab yang diharapkan siswa. Selain itu, ketika terjadi pelanggaran disiplin atau ketidakbertanggungjawaban dalam tugas, sanksi diberlakukan secara nonfisik dengan tujuan memberikan efek jera kepada siswa. Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi proses pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Faktor pendukung mencakup peran aktif kepala sekolah, peran aktif para guru, partisipasi orang tua siswa, dan kesadaran siswa sendiri. Sementara itu, faktor penghambat mencakup faktor keluarga dan lingkungan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa , Puskur Balitbang Kemendiknas (2010).

Hastuti, Dwi, D., & Sutama, S. (2019). Tanggung Jawab Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika SMA. Manajemen Pendidikan, 13(2), 139–146.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289.

Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 245–255.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Ningsih, B. M., & Widiharto, C. A. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90–100.

Nuriyatun, P. D. (2016). Implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri 1 Bantul [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa (A. Mutohar, Ed.). IAIN Jember Press.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasi Kearifan Lokal di Sekolah. Pustaka Pelajar.

Yati, R. (2021). Permasalahan krisis pendidikan karakter pada siswa dalam perspektif psikologi pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics