Pengaruh Brand Image, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kualitas Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Online Shopping

Anggrayuda fajar, Kussudyarsana Kussudyarsana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk dua hal utama. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik,

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan diperoleh t hitung sebesar 7,129 dan t tabel sebesar 1,9852 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan menggunakan batas signifikan sebesar 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa 7,129 > 1,9852 atau 0,000 < 0,05 yang berarti H4 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan online shopping. Berdasarkan hasil uji F dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai f hitung > f tabel yaitu 110,278 > 2,47 dengan nilai signifikansi 0,00 dimana nilai ini < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa brand image, persepsi kemudahan, persepsi kualitas dan kepercayaan secara bersamaan atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan online shopping.

Kata kunci : Brand Image, Persepsi Kemudahan, dan Online Shopping

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Siti, L.N, Christine dkk (2020). Pengaruh kualitas produk, Brand Image, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shopping Shopee.

Ghani, Amalia dkk. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada e-commerce shopee Indonesia.

Inas Rafidah. 2017. Keamanan Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Lazada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 2, Februari 2017 ISSN : 2461-0593.

Putu, S.Y & Komang, A.P (2021). Pengaruh Brand Image Dan Price Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Di Tokopedia. E-Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia Vol. 2 (No. 2) e-ISSN 2774-7085.

Valentine P, Altje dkk (2014). Analisis Pengaruh Brand Imag dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders di 24 Mart Manado. E-Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado Vol. 2 No. 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1686 - 1814.

Budi Istiyanto & Lailatan Nugroho (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). E-Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, VOL. 12 NO. 1 (2017).

Al Azahari & Lukmanul Hakim (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terdahap Keputusan Pembelian. E-jurnal Universitas Riau Kepulauan Batam, Vol 1, No 4 (2021).

Alfian B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova PT Hadji Kalla Cabang Polman. Universitas Hasanudin.

Adrianto, Hendra dkk (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang.Diponegoro Journal of Management. Vol 2, No 3, hlm 1-10.)

Damasta dan Widayanto (2015). Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Shopping Convenience Terhadap Customer Satisfaction Melalui Keputusan Pembelian Dalam Transaksi Belanja Online. Jurnal -Universitas Diponegoro.

Alwafi, Fachrizi. Magnadi, Rizal. 2016. “Pengaruh Persepsi, Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Tokopedia.com.” Journal of Management 5: 1–15.

Agustini, N.K.D.A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Ejournal Jurusan Pendidikan Ekonomi, Volume. 9, Nomor. 1, (hlm.1-10).

Andromeda, K. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keragaman Produk Pakaian via Online terhadap Keputusan Pembelian secara Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Belanja Online pada FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi Program Studi Manajemen, FE, Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Gunawan, F. (2013). Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen atas Produk terhadap Brand Switching atas Produk Smartphone (Blackberry) pada Mahasiswa UNP. Jurnal Manajemen, Volume. 2, Nomor. 01.

Hermanto, W., dan Fatmawati, I. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Ejournal of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (hlm.1-18).

Kurniawan, F. Y., dan Sari, D. (2017). Pengaruh Kualitas Poduk, Harga, dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorious Industries di Kota Bandung. EProceeding of Management, Volume. 4, Nomor. 1, (hlm.735-744).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5723

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics