Studi Fundamental Intensi Cashless Society Pada Millennials Dan Post Millennials Indonesia

Syarief Dienan Yahya, Yogi Hady Afrizal, Muhammad Fachrul Salam

Sari


Perkembangan transaksi ekonomi keuangan digital telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat kemudian mengantarkan alat transaksi keuangan konvensional pada ujung masanya. Beberapa pakar bersepakat bahwa Indonesia saat ini tengah berada pada ambang gerbang “kiamat uang kertas“ dan peralihan pola perilaku masyarakat Indonesia untuk mengarah pada cashless society. Penelitian ini akan mengembangkan model UTAUT yang dimodifikasi dalam menilai perilaku intensi penggunaan transaksi elektronik pada generasi Millennials dan Post Millennials Indonesia. Penelitian ini melibatkan 218 responden yang merupakan orang yang lahir pada rentang tahun 1980 sampai dengan tahun 2000 dan aktif bertransaksi menggunakan pembayaran elektronik e-money minimal 5 kali dalam kurun waktu sebulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Social Influence berpengaruh signifikan dan variabel Facilitating Conditions tidak berpengaruh signifikan terhadap Continuance Intention. Variabel Gender tidak dapat memoderasi pengaruh semua variabel independen terhadap Continuance Intention, kecuali Social Influence. Variabel Trust tidak dapat memoderasi pengaruh semua variabel independen terhadap Continuance Intention, kecuali Performance Expectancy dan Social Influence.
Kata Kunci: Cashless Society; e-money; Electronic Payment; Millennials; Post Millennials

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Gusti Ayu Elsa Permata Sari1, N. P. N. A. , P. K. R. (2022). ENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUST DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PADA VISA AGENT BALI, CANGGU. Jurnal EMAS, 3(2774–3020).

Hamzah, F. F. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome Pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Kota Makassar. Center of Economic Student Journal, 1(1).

Pramezwary, A., Winata, J., Tanesha, R., Armando, T., & Pariwisata, F. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 19(1). https://doi.org/10.31294/jp.v17i2

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (288 hlm.: ill.,lamp.,tab.; 25 cm xv, Ed.; Ed. 1, cet. 1). Alfabeta : Bandung., 2017.

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.07

Meilano, Y., Hidayat, R., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKIND AESTHETIC ANALYSIS OF THE EFFECT OF CUSTOMER ENGAGEMENT AND BRAND TRUST ON PURCHASE DECISIONS ON SKIND AESTHETIC PRODUCTS. 6(2), 886–893.

Sugiyono, Prof. Dr. (2017). Metode Penelitian Bisnis (M. si Sofia Yustiyani Suryandari, S.E., Ed.; 3 ed.). Alfabeta.

Supangkat, A. H. & S. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS DI INTAKO Supriyatin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Dan, U., Barat, B., Yasrie, A., & Rahman, A. (2021). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUST DAN BRAND AFFECT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN CLEO PURE WATER DI KOTA BANJARMASIN ( STUDI PADA KONSUMEN DI KECAMATAN BANJAMASIN.

Devanny, I., Tertia, N. S., Afifah, R. B., Meliana, V., Manajemen, ), Teknologi, I., Kalbis, B., Pulomas, J., Kav, S., & 22, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Content Marketing, Customer Engagement, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Zisallection. STREAMING Jurnal Manajemen, 1(2), 1–9.

Empati, J., Sukamdewi, R. A., & Prihatsanti, U. (2017). HUBUNGAN ANTARA BRAND TRUST DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA MAHASISWI PENGGUNA WARDAH KOSMETIK. 6(Nomor 4), 131–136.

Gantasari, P. A., Yuliati, A. L., Telkom, U., & Telkom, U. (2019). PENGARUH THREAT EMOTION DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN THE EFFECTS OF THREAT EMOTION AND BRAND TRUST ON PURCHASE. 6(2), 4531–4537.

Limandono, J. A. D. D. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Magdalena, M., & Fauzis, M. (2023). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT . HAYATI PRATAMA MANDIRI PADANG. 2.

Maghfiroh , Pengaruh harga, kualiatas produk dan word of mouth Terhadap Kepuasan konsumen serta implikasinya pada keputusan pembelian smartphone Xiaomi (2019). No Title. 2(2), 34–44.

Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor The influence of price of product quality and brand image of brand image on motor purchasing decision. 14(1), 16–23.

Rahmadhan, M. D., & Widyastuti, D. A. (2023). Analisis Jalur Menentukan Dampak Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Repurchase Intention. 05(04), 225–250.

Wong, T. V., & Sijabat, R. (2022). Pengaruh Brand Image , Customer Engagement , dan Brand Reputation Terhadap Kinerja UMKM Dimediasi Keunggulan Bersaing. 6(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics