OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SULUUN TARERAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Sari
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Optimalisasi pelayanan publik di Kantot camat Suluun Tareran terhadap prosedur pelayanan sehingga lebih mudah dan sederhana, yaitu dengaan menyusun SOP setiap kegiatan atau urusan yang berisi alurnya (mulai hingga selesai, syarat yang diperlukan, waktu penyelesaian) secara tertulis dan dengan mudah dapat dibaca oleh masyarakat yang dilayani. Terhadap kejelasan dan kedisiplinan petugas pelayanan, dilakukan dengan memberikan secara jelas tugas dan fungsi pegawai sesuai jabatannya berdasarkan uraian tugasnya secara tertulis, setiap pejabat dan pegawai pelaksana diwajibkan menggunakan tanda pengenal serta menggunakan pakaian seragam sesuai waktu/hari yang ditetapkan. Terhadap pelayanan publik agar sesesuai dengan target waktu, biaya dan kualitas yang ditetapkan, dilakukan dengan mengikuti dan mematuhi SOP yang ditetapkan dan mematuhi ketentuan mengenai ada-tidaknya kebijakan pengenaan biaya atas layanan yang diberikan, sedangkan terhadap pelayanan agar dipersepsi adil , ramah, sopan dan nyaman oleh masyarakat, dilakukan dengan menunjukkan sikap bersahabat, menyediakan ruang tunggu, tempat duduk/kursi untuk masyarakat, bahkan toilet , (2) Faktor-faktor determinannya adalah kompetensi petugas pelayanan, motivasi kerja, etos dan budaya kerja.
Kata-kata Kunci: Optimalisasi, pelayanan publik, SOP
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Haryono dan Wahyu Eko Pujianto. 2013. Upaya Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kantor Kecamatan Gedangan . JKMP (ISSN. 2338-445X), Vol. 1, No. 1, Maret 2013, 1-110
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
LAN, 2007. Dimensi Pelayanan Publik Dan Tantangannya Dalam Administrasi Negara (Publik) Di Indonesia. Jakarta: Bagian Humas dan Publikasi.
Mahmudi. 2007. Kemitraan Pemerintah Daerah dan Efektivitas Pelayanan Publik. Jurnal Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen Vol. 9 No. 1, Januari 2007
Mulyadi, Deddy. 2016. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta
PP Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan
Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerin-tahan yang Baik. Bandung: Refika Aditama
--------------. 2000. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi. Bandung: Mandar Maju.
Sofyan Efendi. 2005. Membangun Budaya Birokrasi untuk Good Governance. Lokakarya Reformasi Birokrasi. Jakarta: Departemen Pemberdayaan Aparatur Negara.
Sinambela, Poltak Lijan. 2008. Reformasi Pelayanan Publik (teori, kebijakan dan implementasi). Jakarta : Bumi Aksara.
UU Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Wasistiono, Sadu. 2001. Kapita Selekta Manajemen Pemerintahan Daerah. Bandung: Alqaprint Jatinangor.
Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 2001 “Problems and Strategies in Services. Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.573
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.