Perbandingan hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ,Cooperative Script dan Problem solving pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Kristen 1 Tomohon

Mita Regina, Tamboto Tamboto, Joseph P. Kambey

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning, cooperative script dan problem solving pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design, dengan nonequivalent control group design dan struktur desain matching pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-A, XII-B dan kelas XII-C jurusan IPS yang terdiri dari kelas XII-A, kelas XII-B dan kelas XII-C. instrument pengumpulan data menggunakan Tes yang terbagi dua yaitu pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan Uji kesamaan dua rata-rata atau uji t. hasil penelitian yaitu dengan melaksanakan dua pengujian, secara Pair dan secara independen dengan memiliki hasil thitung (27.051) > ttabel (1,69) artinya tolak H0 dan terima H1, dengan simpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai post-test dengan model pembelajaran contekstual teaching and learning, thitung (217) > ttabel (1,69) artinya tolak H0 dan terima H1, dengan simpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai post-test dengan model pembelajaran Cooperative Script dan untuk kelas XII-C yang diberikan treatment menunjukan hasil yang sama yaitu ada perubahan dan kenaikan hasil belajar hal ini ditunjukkan dalam nilai post-test thitung (11.05) > ttabel (1,69) yang artinya tolak H0 dan terima H1.

Referensi


Depdiknas.Model Pembelajaran Kontekstual 2 (Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2007), 18.

Irwan Hidayat1, Siti Malikhah Towaf2, Ruminiati2.

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X DOAJ SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2017 Halaman: 562—568. penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar ips

Jhony Adreas, Kamus Lengkap, ( Surabaya : Karya Agung, tt ), h. 91

Johnson, Elaine B. 2014, Contextual Teaching and Learning

:Menjadikankegiatanbelajar mengajarmengasyikkandanbermakna. Penerjemah, IbnuSetiawan; Ida Sitompul, Cet -1. Kaifa. Bandung

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru, 2001), h.

Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar i Pt.

Novita Ambun (2016).Pengaruh model pembelajaran kooperativ STAD dan TTW terhadap kemampuan afektif kognitif dan psikomotorik siswa SMA. Universitas negeri manado. Program pasca sarjana.

Nurhadi, dkk.2004.Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

prof. Dr Sugiyono, (2015: 160-199), Metode Penelitian.yogyakarta. edisi V

prof. Dr Sugiyono, (2017: 160-199), Metode Penelitian Kebijakan.yogyakarta 14 juni.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Sugiyono, 2007.Statistika untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta.

Surapranata, Sumarna. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, ( Sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka,

Technology of Vocational Education Department of Post Graduate Program Universitas Negeri Padang (UNP) Jl. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25171, INDONESIA. Analysis of contextual teaching and learning (CTL) in the course of applied physics at the mining engineering department.

Wina Sanjaya. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi

Winarno Surakhmad (dalam buku, Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Jemmars, 1980:25)Hasil belajar siswa

Hariyadi.Kurniawan(2018) idtesis.com/metode.pembelajaran.cooperative.script/march 17 2019. Diakses

Pratisna.muhhamd.https://www.bagawahabyasa.wordpress.com// diakses tanggal 26 mei 2019. Jam 10.55

Munif Chatib (2003). Model pembelajaran. Bandung. https://idjournal.com/

Nurkancana dan Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Prayitno, Baskoro Adi. 2010. Potensi Pembelajaran Kooperatif dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa Under Achievment. Tersedia http://baskoro1.blogspot.com/2010/08/potensi-pembelajaran-




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.574

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics