Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Makassar

Made Line Grace Pasae, Abdul Rijal, Sahade

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Komunikasi interpersonal merupakan variabel bebas (X) dan prstasi belajar merupakan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini. Seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar Tahun ajar 2022/2023 adalah populasi dalam penelitian ini, sebanyak 433 siswa, untuk sampel berjumlah 87 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Untuk mengumpulkan data di gunakan kuesioner dan dokumentasi.Analisis deskriptif, uji instrument, dan pengujian hipotesis adalah teknik analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal temasuk dalam kategori tinggi dimana persentase 83,48 persen, sedangkan prestasi belajar termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis data, menunjukkan model persamaan regresi linear sederhana Y = 69,784 + 0,241X, artinya jika variabel komunikasi interpersonal bernilai nol, maka variabel prestasi belajar sebesar 69,784. Adapun hasil analisis koefisien determinasi (r2) sebesar 0,131 atau 13,1 persen. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal mempengaruhi prestasi belajar sebesar 13,1 persen sedangkan 86,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 5 persen (0,001 < 0,05) yang artinya bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan prestasi belajar, dengan demikian hipotesis diterima.
Kata kunci: Komunikasi Interpersoanl, Prestasi Belajar
Abstract
This study aims to determine the effect of interpersonal communication on student achievement in the accounting expertise program at SMK Negeri 1 Makassar. Interpersonal communication is the independent variable (X) and learning achievement is the dependent variable (Y) in this study. All students of the accounting expertise program at SMK Negeri 1 Makassar for the academic year 2022/2023 are the population in this study, totaling 433 students, for a sample of 87 students obtained using a proportionate stratified random sampling technique. Questionnaires and documentation were used to collect data. Descriptive analysis, instrument testing, and hypothesis testing were the data analysis techniques used. Based on the results of the descriptive analysis, it shows that interpersonal communication is included in the high category where the percentage is 83.48 percent, while learning achievement is included in the good category. The results of the data analysis show that the simple linear regression equation model Y = 69.784 + 0.241X means that if the interpersonal communication variable is zero, then the learning achievement variable is 69.784. The results of the analysis of the coefficient of determination (r2) is 0.131 or 13.1 percent. This shows that interpersonal communication affects learning achievement by 13.1 percent while 86.9 percent is influenced by other factors. The t-test results show a significant value of 0.001 less than 5 percent (0.001 <0.05) which means that there is a significant influence between interpersonal communication and learning achievement, thus the hypothesis is accepted.
Keywords: Interpersonal Communication, Learning Achievement.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad, S & Harapan, E. (2016). Komunikasil Antarpribadil. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto & Suharsimi. (2018). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunlkasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Musdalifah. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XIL ILPS SMA Negeri 9 Bulukumba. Skripsi Program Sarjana. Universitas Negeri Makassar.

Naim, N. (2017). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran (Cetakan 13). Bandung: Alfabeta.

Sahade. (2020). Kemandirian dan Motivasil Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Sidenreng Rappang. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3 (2), 21-28. http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, E. (2013). Strategil Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2013). Psilkologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Walgito. (2010). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: CV Andi Offest.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5756

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics