Pengaruh Fasilitas Belajar Siswa Dan Kompetensi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Alat Berat Di Smk Negeri 6 Bitung
Sari
Untuk penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner, adapun populasi yang digunakan seluruh guru yang ada di SMK N 6 Bitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dengan adanya fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa (2) adanya pengaruh positif kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di SMK 6 Bitung (3) adanya pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar dan komptensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu dengan semakin meningkatkan fasilitas belajar dan komptensi guru maka hasil belajar siswa di jurusan teknik alat berat SMK Negeri 6 Bitung akan semakin meningkat.
Kata kunci : fasilitas belajar, kompetensi guru, hasil belajar
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Arikonto, Suharsimi, 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikonto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teknik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad , Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Depdiknas. 2007.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Azwar, Syaifuddin. 2002. Tes Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri ,2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Felicia, dkk Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. JPE: Journal of Primary Education Volume 2, Nomor 1 (2022): Juni. Hal. 36-47. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/jpe
Ghozali, Imam. 2008. Konsep dan Analisis dengan Program AMOS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gie, The Liang. 1994. Cara Belajar Yang Efisian. Yogyakarta: Liberty
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Jakarta: Bumi Aksara.
Mudhoffir. 1992. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdyakarya.
Muhson, Ali. 2009. Diktat Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nayah, Ridaul I, dkk. 2011. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis. Surakarta: UNS.
Nurhayati, Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration: Education and PracticeVolume 2Issue 2, 79-95(2022) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa
Oemar, Hamalik, 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.
Purwantoro, Ngalim 2007 Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwantoro, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdyakarya.
Putong, Iskandar. 2002. Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rastodio. 2009. kompetensi guru. diambil dari : http://rastodio.com/ pendidikan/pengertian-kompetensi-guru. html ,pada tanggal 26 september 2013.
Sagala, Syaiful. 2004. Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarimaya, Farida. . 2009. Sertifikasi Guru : Apa Dan Bagaimana?. Bandung : CV. Yrama widya.
Sarwono. 2007. kesiapan kompetensi guru pada mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas sebelas maret. Skripsi. Surakarta: UNS.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudarwan, Danim. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodi2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Sukwiati, dkk. Ekonomi SMA Kelas X. Bandung : Yudhistira. 2006.
Suparmoko, M 2011. Toeri Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.
Suryabrata, Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Uno, Hamzah. B. Uno. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uzer, Usman Uzer. M. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Vieira, Armando Luis. 2011. Interactive LISREL in Practice: Getting Started with a SIMPLIS Approach. Berlin: Springer.
Werdayanti m Andaru. 2008. Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5768
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.