Hubungan Konsep Diri Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Sma Negeri I Langowan

Oleyve Mercy Sumampouw , Joulanda A. M. Rawis , Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Keberhasilan pendidikan disekolah sangat ditentukan oleh kinerja gurunya, disamping memiliki kinerja yang baik, guru dituntut memiliki konsep diri dan kepuasan kerja yang baik pula. sebagai seorang pemimpin harus mampu mengetahui keberhasilan sebuah sekolah yang dipimpinnya ciptakan hubungan yang baik dengan guru, berikan rasa aman dan nyaman bagi guru agar sekolah bisa lebih maju.

Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) hubungan antara konsep diri dengan kinerja guru SMAN I Langowan, (2) hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru SMAN I Langowan, dan (3) hubungan antara konsep diri dan kepuasan kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMAN I Langowan. Dan penelitian ini mengambil populasi sebanyak 60 orang guru dimana itu akan menjadi sampel penitian dengan menjalankan angket dengan model skala Likert sebagai salah satu persyaratan untuk mengji norrmalitas, linearitas dan independensi antar variabel bebas. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi sederhana dan korelasi dan regresi ganda pada taraf signifikansi  = 0,05.

Melalui penelitian yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan hasil penelitiannya adalah : (1) hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kinerja guru diperoleh angka korelasi sebesar 0,540 dan koefisien determinannya sebesar 0,291 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 42,71 + 0,54X1 (2) hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,570 dan koefisien determinannya sebesar 0,324 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 25,79 + 0,51X2 (3) hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kepuasan kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,755 dan koefisien determinannya sebesar 0,570 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 3,37 + 0,506X1 + 0,484X2. Di samping itu juga ditemukan sumbangan relatif dari variabel konsep diri terhadap kinerja guru sebesar 47,3% dan sumbangan relatif dari variabel kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 52,7%. Sedangkan sumbangan efektif dari variabel konsep diri terhadap variabel kinerja guru sebesar 28,7% dan sumbangan efektif dari variabel kepuasan kerja terhadap variabel kinerja guru sebesar 32%.

Kata kunci : Konsep Diri, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

Uno, Hamzah. B. Uno. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer, Usman Uzer. M. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Vieira, Armando Luis. 2011. Interactive LISREL in Practice: Getting Started with a SIMPLIS Approach. Berlin: Springer.

Werdayanti m Andaru. 2008. Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

. Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sahertian, Piet, A. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Samto dan Mulyanto. Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 2 Ngrampal Sragen. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 6 No. 1 36 Juni 2012

Sardiman. AM. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Saud, Udin. Saefuddin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2009. Siagian, Sondang. P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2002. Simamora (http://guruvalah.20m.com/motivasi_mutu_kinerja21.pdf,

Setyati dan Dwiatmaja, Cristantius. Analisis Pengaruh Persepsi Diri, Motivasi, Dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru Near Phase Pension Di Sma Negeri 1 Semarang Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Edisi VII, Desember 2010.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 2000

Sugiarta, Made Pasek., Dantes, Nyoman dan Natajaya, Nyoman. Determinasi Sikap Guru Terhadap Profesinya, Konsep Diri, Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus IV Sukasada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar Volume 3 Tahun 201

Tentama, Fatwa. Peran Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip Vol.14 No.1 April 2015, 1-8 1.

Timpe, A.D. Kinerja. Penerjemah Sofyan Citmat. Jakarta: Gramedia, 1999.

Usman, H. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi Kedua, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Yamin, Martinis dan Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010. Yuniarsih, T. dan Suwatno. Manajemen Sumber Daya Manusia. Teori, Aplikasi dan Isu

Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5769

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics