Analisa Penjualan Toko Hijab Kiki Hn Dengan Penerapan Data Mining Metode K-Means Clustering Dan Market Basket Analysis

Dasep Suryanto, Isye Rahayu Adevi

Sari


Dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini, menurut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dijalankan salah satunya dengan melakukan analisis data transaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan produk yang sangat laris, laris dan yang kurang laris, serta mencari solusi tentang Bagaimana cara perusahaan tidak mengalami kesulitan untuk mengelompokkan produk apa saja yang dibutuhkan konsumen dan penyimpanan data-data yang kurang efektif. Untuk melakukan strategi pemasaran perlu adanya ilmu data mining menggunakan Clustering dan algoritma apriori untuk mendapatkan informasi asosiasi data barang dari data transaksi penjualan dapat melihat pola pembelian konsumen. Metode K-means dapat diterapkan pada toko Hijab Kiki HN untuk menentukan penjualan produk mana yang sangat laris, laris dan kurang laris. Penerapan metode K-Means pada toko Hijab Kiki HN, yaitu dengan cara mengelompokan data stok barang kedalam 3 cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang tergolong sangat laris ada 5 produk, kategori laris ada 4 produk, kategori kurang laris ada 6 produk. Dari Hasil dari pengolahan data 30 transaksi melalui Market Basket Analysis terdapat 1 pola asosiasi yang memenuhi syarat adalah jika membeli Pashmina maka akan membeli Bros dengan confidence tertinggi sebesar 72.22% dan pola yang didapat bisa digunakan untuk memberikan diskon atau bundling terhadap pola pembelian.

Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Market Basket Analysis, Algortima Apriori, Confidence

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alfiyan, Ahmad Rifqy. (2019). Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan di Freshfood. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol 4 No 1. p-ISSN: 2527-449X, e-ISSN: 2549-7421

Helode, P. S., Dr. K. H. Walse & Karande M.U 2017, ‘Building prediction model using market basket analysis’, International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, vol. 5, no. 4

Hernawati, dkk. (2022). Market Basket Analysis Tren Hijab menggunakan Algoritma Apriori. Inti Nusa Mandiri. Jurnal Vol 16 No 2.

https://doi.org/10.33480/inti.v16i2.2763

Kaufmann, M 2012, Data mining: data mining concepts and techniques, 3rd edn, Elsevier, Waltham.

Normah, N., Rifai, B., & Sari, P. (2020). Algoritma Apriori Sebagai Solusi Kontrol Persediaan Suku Cadang Mobil PT. Buanasakti Aneka Motor Jakarta. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(2), 161–168. https://doi.org/10.31294/p.v22i2.6530

Nugrahenny, T. T. (2016). Menyingkap Mekanisme Tanda di Balik Hiperrealitas Tren Hijab: Analisis Semiotika pada Fenomena Tren Hijab JURNAL Komunikasi indonesia. Jurnal Komunikasi Indonesia, V(1).

Nurajizah, S. (2019). Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritma Apriori.

INOVTEK, 4(1)

Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2012). Data Mining (Third Edition). In Data Mining (Third Edition). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B9 78-0-12-381479-1.00016-2




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5802

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics