PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT JENDERAL DAN BADAN KEAHLIAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA

Shanty Irma Idrus

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis secara utuh mengenai: (1) pengaruh pelatihan terhadap kompetensi manajerial; (2) pengaruh motivasi terhadap kompetensi manajerial, dan (3) pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kompetensi manajerial PNS Setjen dan BK DPR RI. Pengambilan data penelitian ini dilakukan pada bulan November dan Desember 2019. Dengan jumlah sample sebanyak 48 pengawai. Teknik pengambilan data adalah dengan membagikan kuisioner, dimana data dianalisis dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pelatihan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial; (2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, dan (3) pengaruh pelatihan dan motivasi secara besama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial PNS Setjen dan BK DPR RI. Berdasarkan hal tersebut maka upaya peningkatan kuantitas dan kualitas pelatihan merupakan hal mutlak yang harus selalu dilakukan oleh Pusdiklat Setjen dan BK DPR RI dalam upaya meningkatkan kompetensi manajerial pegawai sehingga dapat menjalankan amanah sebagai supporting system yang tangguh bagi lembaga. Untuk meningkatkan kompetensi manajerial PNS Setjen dan BK DPR RI tidak dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan pelatihan saja, namun perlu adanya motivasi yang tinggi agar mencapai kompetensi manajerial sehingga kinerja pegawai dan organisasi dapat terwujud.

Kata kunci : Pelatihan, motivasi dan kompetensi manajerial

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agusta, L., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Agora, 3.

Ataunur, I., & Ariyanto, E. (2015). Ilman Ataunur dan Eny Ariyanto (2015), Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan PT, Adaro Energy TBK. Telaah Bisnis, 146-147.

Damayanti, T. (2015). Pengaruh Dosiplin Kerja dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP II Bandung. 54.

Dessler, G. (2017). Human Resource Management. Boston: Pearson Education.

Edy, L., & Risambessy , A. (2018). Pengaruh Diklat, Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai balai Diklat Keagamaan Ambon. Jurnal SOSO2 Volume 6 Nomor 1, 24-25.

Gutomo , D. S. (2017). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai Badan Perpustakaan Daerah Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis Volume 6 Nomor 2, 425-435.

Hasmayanti, Y. (2011). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Guru. Manajerial Volume 9 Nomor 18, 78-86.

Jamali , A., & Prasojo , L. D. (2013). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan,Motivasi Guru terhadap Prestasi Siswa SMA Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1, 8-21.

Julianry, A., Syarief, R., & Affandi , J. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan serta Kinerja Organisasi Kementerian KomuniKasi dan InformatiKa. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen Volume 3 Nomor 2, 237-244.

Moeheriono. (2003). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III terhadap Motivasi Kerja, Karir dan Kompetensi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ekuitas Volume 9 Nomor 2, 217-242.

Mulyadi, D., & Ahmad, Y. N. (2017). Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pupuk Kujang Cikampek. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 10.

Satria, R. O., & Kuswara, A. (2013). Pengaruh Motivasi dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Kerja serta Implikasinya pada Produktivitas Pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship Volume 7 Nomor 2, 74-83.

Wahyuni. (2019). Pengaruh Kompetensi dan pelatihan terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT. PLN Persero Distribusi Jawa Barat. 49.

Wirda, F., & Azra, T. (2015). Kompetensi Manajerial dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Industri Kreatif Sumatera Barat. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntasi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (hal. 184). Padang: Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntasi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Wirotomo , D., & Pasaribu, P. N. (2015). Pengaruh Kompetensi, pengembangan Karir, Diklat terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Jenederal Perimbangan Keuangan. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 9.

Wulandari, J., Raharja, S. J., Muhyi, H. A., & Nurasa, H. (2018). Identifikasi Kompetensi Manajerial pada Level Manajemen Menengah dalam Industri Perbankan Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis Volume 22 No. 1, 20-37.

Zuhry, A. W., & Sugiyarti, G. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pendidikan dan Pelatihan Struktural, dan Komitmen Organisasi terhadap Kompetensi Peserta. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan Volume III Nomor 1 , 1-11.


Article Metrics

Sari view : 55 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v5i1.581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics