Hubungan Antara Konformitas Dan Perilaku Konsumtif Trend Fashion Pada Mahasiswa Ekonomi Di UKSW

Masqurotul Azizah, Sri Aryanti Kristianingsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hubungan Antara Konformitas Dan Perilaku Konsumtif Trend Fashion Pada Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Kristen Satya Wacana yang tidak diketahui berapa pasti jumlah mahasiswanya. Partisipan pada penelitian ini memperoleh 134 mahasiswa dengan teknik pengambilan partisipan menggunakan accidental sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan skala Likert dan skala kuesioner. Teknik korelasi yang digunakan untukmengetahui hubungan antara variabel perilaku konsumtif dan konformitas adalah teknik Pearson Product Moment pada program Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Hubungan Antara Konformitas Dan Perilaku Konsumtif Trend Fashion Pada Mahasiswa Ekonomi Di UKSW (Rxy= 0,437 r2= 0,191 p = 0,000). Variabel konfotmitas mempengaruhi variabel perilaku konsumtif sebesar 19%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Artinya semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif. Sebaliknya semakin rendah konformitas maka semakin rendah pula perilaku konsumtif.

Kata Kunci: perilaku konsumtif ; konformitas dan fashion .

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2019, February). Self-confidence and mathematics achievement using guided discovery learning in scientific approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042093). IOP Publishing.

Ainun, I. N. (2018). Perbedaan Konformitas Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Remaja Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Irsyadul Islamiyah KecamatanBagan Sinembah. Psikologi Prima, 1(2), 110-121.

Antara, H., Teman, K., Perdana, P. I., Mujiasih, E., Psi, S., & Si, M. (2018). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Membeli Pakaian Pada Mahasiswi Angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 6(4), 195–208.

Asmita, Dola Erianjoni, E. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus: Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 2(2), 91–96.

Arifin, A., Kundre, R., & Rompas, S. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan Di Puskesmas Budilatama Kecamatan Gadung Kabupaten Buol Propinsi Sulawesi Tengah. Jurnal keperawatan, 3(2).

Astasari, A. R., & Sahrah, A. (2006). Hubungan antara konformitas dengan perilaku membeli impulsif pada remaja putri. Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta, 1-12.

Asri, A. (2012). Pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babelan. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 197-202.

Azizah, P. N., & Listiara, A. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Tas Melalui Online Shop Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip) Dan Fakultas Ilmu Budaya (Fib) Universitas Diponegoro. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 6(1), 332–337.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baron, Robert A. and Byrne, Donn. 2005. Social Psychology. Tenth Edition (Terj. Ratna Djuwita, Melania Meitty Parman, Dyah Yasmina, dan Lita P. Lunata). Edisi kesepuluh. Jakarta: Penarbit Erlangga

Bustan, R. (2017). Persepsi Dewasa Awal Mengenai Kursus Pranikah. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(1), 82. https://doi.org/10.36722/sh.v3i1.199

Damayanti, R. S., Sovitriana, R., Nilawati, E., & Widyayani, F. A. (2018). Konformitas Dan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresi Siswa Smk Di Jakarta Timur. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(3), 74-79.

Edulab. (2019). ciri khas mahasiswa sesuai jurusan. diakses pada 3 Oktober 2011 https://edulab.co.id/ciri-khas-mahasiswa-sesuai-jurusan/

Efendi, A. M. (2013). Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konformitas Santri. Jurnal Penelitian Humaniora, 14(1), 1-8.

Empati, J., Putri, H. S., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Pada Siswi Di Sma Semesta Semarang. Empati, 5(3), 503–506.

Febrianty, F. R. HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA YANG MEMBELI PRODUK FASHION SKRIPSI.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14.

Fromm, Erich. (1955). The Sane Society. London And New York: British Library.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit UNDIP, Semarang, 2013.

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2003). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 50–65. https://www.neliti.com/publications/126900/pengaruh-konsep-diri-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-universitas-esa-unggul.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11(1), 5–11.

Haryono, P. (2014). Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah .Psikologi, 2(4), 268–273. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674

Hasan, M., Tahir, T., Inanna, I., Supatminingsih, T., & Arisah, N. (2021). Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Membeli Produk Fashion. Phinisi Integration Review, 4(2). https://doi.org/10.26858/pir.v4i2.22291

Hizkia Darmayana (2017, Maret 05). Perempuan Ternyata Tidak Melulu Berperilaku Konsumtif. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170302222708-277-197499/perempuan-ternyata-tidak-melulu-berperilaku-konsumtif.

iLook Unib (2020), Hanya Karena Outfit, Bisa Tahu Asal Fakultas Mahasiswa. Diakses pada 03 Oktober 2022. https://www.ilookunib.com/2020/11/asal-fakultas-mahasiswa-berdasarkan-outfit.html

Imawati, I. & S. & I. (2013). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe UNS, 2 No.1(1), 48–58.

Isnaeni, P. (2021). Konformitas Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 121. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5672

Kusnandar, V. B (2022, Maret 25). Industri pakaian jadi dan tekstil kembali mengalami kontraksi 4,08% pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/25/industri-pakaian-jadi-dan-tekstil-kembali-mengalami-kontraksi-408-pada-2021

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital MahasiswaUniversitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(No. 2), 51–66.

Kusuma, A. R., & Afdliah, R. (2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 1(1), 17. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2123

Lia, M. (2007). Hubungan Konformitas dan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja SMP Xaverius 4 Bandar Lampung Pada Produk Ponsel Nokia. Skripsi: Univ. Sanata Dharma , 1-56.

Lina, & Rosyid, H. F. (1997). PERILAKU KONSUMTIF BERDASAR LOCUS O F CONTROL PADA REMAJA PUTRI Lina. Psikologika, 2(4), 5–13. journal.uii.ac.id

Lubis. Y. 1987. Perilaku Konsumtif: Antara Gengsi dan Kenyataan. Gadis. no. 18. 20 Juli. Jakarta

Lubis, H. K. (2020). Hubungan Self Control Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Siswa Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Di SMK Negeri 2 Binjai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Malfov, (2019). Menyingkap 'Life style' Ala Aneuk Ekonomi Kampus kuning. Diakses pada 03 Oktober 2022. https://persfe.com/menyingkap-life-style-ala-aneuk-ekonomi/#.YzskY3ZBzIU

Masrifah, M. (2018). Sikap Terhadap Pernikahan Pada Penyintas Perempuan Korban Kekerasan Seksual. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 9(1), 20-37

Musritha, R. (2021). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Pakaian pada Mahasiswa di Kota Solok. Socio Humanus, 3(1), 170-185.

Naomi, P., & Mayasari, I. (2008). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku pembelian kompulsif. Telaah Bisnis, 9(2), 179-193.

Nurdin, N., Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Sample Random Sampling Berbasis Android. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 141-156.

Nursalam.2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian Ilmu Keperawatan (edisi kedua)

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 684–697.

Pallant, J. (2011). Survival manual. A step by step guide to data analysis using SPSS, 4(4).

Pahlupi, R., Suryana, A., & Setiaman, A. (2012). Hubungan antara Kegiatan Penyuluhan Program Keluarga Berencana ( KB ) dengan Perubahan Sikap Penduduk Kabupaten Garut. Ejournal Mahasiswa Universitas Padjajaran, 1(1), 1–18.

Perdana, P. I., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli pakaian pada mahasiswi angkatan 2016 fakultas psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(4), 195-208.

Priyanto, D. (2014). SPSS 22. Processing the Most Practical data. Andi Yogyakarta.

Putri, H. S., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi di sma semesta semarang. Jurnal Empati, 5(3), 503-506.

Putri, K. R. A. (2013). Hubungan Antara Identitas Sosial dan Konformitas dengan Perilaku Agresi pada Su-porter Sepakbola Persisam Putra Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3), 140–147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3324

Ramdhini, V. C., & Fatoni, A. (2020). PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO YOUTUBE DAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’). Scriptura, 10(2), 53–59. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59.

Renaldy, M., Dewi, R. S., & Hidayatullah, M. S. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Konsumen Online Shop Melalui Sosial Media Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Kognisia, 1(1), 94-97.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sears, D. O., Peplau, L. A., & Taylor, S. E. (2009). Psikologi sosial (edisi ke dua belas). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, M. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Smartphone Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 10(100), 174–181.

Solehah, R. Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Sebya Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Smk Negeri 1 Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa, 2(1), 52-57.

Solichah, N., & Dewi, D. K. (2019). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan : Meneropong imbas pesan Iklan Televisi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Supriyanto, W., & Iswandiri, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79–86

Supriyanto, W., & Iswandiri, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79–86.

Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan Masa Remaja Akhir (Tugas, Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial dan Agama) dan Implikasinya pada Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1956–1963. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.664

Susanto, P. A., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Marketplace Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Marketplace Pega Astria Susanto Siti Ina Savira Abstrak. Penelitian Psikologi, 8(9), 131–141.

Taylor, S. E., Letitia, A. P., & David, O. S. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Titisari, N., Yusmansyah, & Oktariana, Y. (2019). “Penggunaan Konseling Sebaya Mengurangi Konformitas Negatif Siswa.” ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(4).

Triningtyas, D. A., & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 16-20.

Utami, P. (2020). Gambaran Post Traumatic Growth Pada Wanita Dewasa Awal yang Mengalami Kekerasan Dalam Berpacaran. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 297-306.

Windayani, S., & Astiti, P. (2017). Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2, 96–108. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/63513

Yuliantari, M. I., & Herdiyanto, Y. K. (2015). Hubungan Konformitas Dan Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i01.p09

Zikra, R., & Yusra, Z. (2016). Kepuasan Wanita Berbelanja Produk Fashion Berdasarkan Cara Membeli. Jurnal RAP UNP, 7(1), 55–66. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6608




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics