Pengaruh Kinerja Guru dan Penggunaan Media IT Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD GMIM 54 Lapangan
Sari
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dapat diartikan sebagai metode penelitian berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistika dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang diterapkan. Sedangkan analisis dilakukan melalui analisis regresi dan korelasi, analisis ini digunakan dalam menguji besarnya pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi antar variabel Kinerja Guru (X1) dan Penggunaan Media IT (X2) dengan hasil belajar siswa di SD GMIM 54 Lapangan. Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis serta hasil pembahasan yang telah dikemukakan peneliti, dapat disimpulkan pertama bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Media IT terhadap Hasil Belajar Siswa dan ketiga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama elemen Kinerja Guru dan Penggunaan Media IT terhadap Hasil Belajar Siswa.
Kata Kunci : Kinerja Guru, Penggunaan Media IT, Hasil Belajar Siswa, SD GMIM 54 Lapangan
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Arifin Zainal dan Steiyawan Adhi, 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative.
de Gruijter N.M Dato and Van der Kamp J.Th Leo, 2008. Statistical Test Theory for the Behavioral Sciences. London : Chapman & Hall/CRC.
Prof. Dr.Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Bandung.
Rumsey Deborah, 2010. Statistics Essentials for Dummies. Ohio : Wiley Publishing.
Warsita Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya.Jakarta : Rineka Cipta.
Ghozali, Iman. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS
Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Lantip dan Rianto (2014) Pengertian Teknologi Informasi, Bandung.
Rusman. (2019). Pembelajaran berbasis Teknologi informasi dan komunikasi.
Rajawali Pers, Jakarta
Sutabri (2015) Manfaat teknologi informasi. Jakarta : ANDI
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung :
Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung CV
Alfabeta
Warsita Bambang (2017) teknologi informasi sebagai sarana prasarana
Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30
http://repository.radenintan.ac.id/1691/5/Bab_II.pdf
( Akses Tanggal 18-04-2023 Pkl 13.00 Wita)
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/i
( Akses Tanggal 18-04-2023 Pkl 13.00 Wita)
https://ejournal.unri.ac.id/
( Akses Tanggal 18-04-2023 Pkl 13.00 Wita)
https://eprints.uny.ac.id/7965/3/bab%202%20-10504247012.pdf
( Akses Tanggal 16-05-2023 Pkl 13.00 Wita)
http://repository.iainkudus.ac.id/1229/5/FILE%205%20BAB%20II.pdf
( Akses Tanggal 16-05-2023 Pkl 13.00 Wita)
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5861
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.