PENGARUH PERSEPSI, MOTIVASI DAN FASILITAS KAMPUS TERHADAP MINAT MAHASISWA STUDI LANJUT KE STRATA DUA (S2) STUDI PADA STIE LAMAPPAPOLEONRO SOPPENG

Asnia minarti, Mattalatta Mattalatta, baharuddin dammar

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi, motivasi, dan fasilitas kampus terhadap minat mahasiswa melanjutkan studi lanjut ke strata dua pada mahasiswa STIE Lamappapoleonro Soppeng. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Lamappapoleonro Soppeng. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji reliability, uji normalitas, uji regresi linear berganda, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan analisis koefisien determinasi.
Variabel persepsi mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan studi lanjut ke strata dua dengan koefisien regresi 0,253, variable motivasi mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap minat mahasiswa melanjutkan studi lanjut ke strata dua dengan koefisien regresi sebesar 0,324, dan variable fasilitas kampus mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkanstudi lanjut ke strata dua dengan koefisien regresi sebesar 0,254.

Kata Kunci :Persepsi, Motivasi, Fasilitas Kampus, Minat Mahasiswa

ABSTRACT
This study aims to Know and analyze the influence between perceptions motivation campus facilities to the interests of students to continue their studies up to the postgraduate student STIE Lamappapoleonro Soppeng
This research was held at the Campus Lamappapoleonro Soppeng. The samples were taken with non probability sampling techniques. The indigenous analytical method used is quantitative analysis, the reliability and validity testing, classical aberration test, hypothesis testing, determination coefficient and multiple linear regression analysis
The above shows that: constant 2,135, the perception variables have a positive effect on the interests of students to continue further studies into two strata with regression coefficient 0.253, motivational variables have a positive effect on the interests of students to continue further studies into strata two with a regression coefficient of 0.324, and a variable campus facilities have a positive effect on the interests of students to continue further studies into strata two with regression coefficient implanted at 0.254

Keywords: Perception, Motivation, Campus Facilities, Student Interests

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

A. Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi, Erlangga, Jakarta.

A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers

Cateora & Graham, 2007, Pemasaran Internasional, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Catling, Jonathan & Jonathan Ling & (2012), Psikologi Kognitif, Penerbit Erlangga

Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. 2006. Metode Riset Bisnis, Volume 1. PT Media Global Edukasi. Jakarta.

Daryanto, H M, 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 49 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi Bagian Ketujuh Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Djamarah & Zain. (2006 : 46). Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.. Jakarta: Rineka Cipta.

Evans, J.R. and Lindsay W.M. (2008). The Management and Control of Quality (7th Edition). Ohio: Thomson South-Western.

Ghozali, Imam. 2007. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Badan Penerbit Universitas diponegoro. Semarang

Gie, The Liang. 2002. Administrasi Perkantoran Modern. Liberty. Yogyakarta

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press&Yuma Pustaka

Jalaluddin, Rakhmat, 2007 : 51, Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Press

J, Supranto, 2003, Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Lima, Penerbit Erlangga, Jakarta

Kotler, Phillip. 1993 : 219, Manajemen Pemasaran I & II, Terjemahan Adi Zakaria, Jakarta, LPFE-UI

Kotler, Phillip. 1995. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation& Control. Prentice Hall Int

Kotler, P. and G Armstrong. (2004). Principle of Marketing : 10thnEdition. New Jersey: prentice Hall

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT. Indeks, New Jersey

Kuncoro, Mudrajat. 2001. Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.

Malayu S.P. Hasibuan.(2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mar’at, 1982, Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya, Jakarta : Ghalia, Indonesia

Mathis Robert, L. dan Jackson John, H. 2006, Human Resource Management, Alih Bahasa, Salemba Empat : Jakarta

Miftah, Toha, 2003 : 154, Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Grafindo Persada

M. Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Puwanto, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim. 2010, Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Rivai, Veitzal., 2003 : 290, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Robert L. Mathis – John H. Jackson (2006;342). Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku 2, Alih Bahasa, Salemba Empat, Jakarta

Sam, Arianto. 2008. Pengertian Fasilitas Belajar, http://sobatbaru.blogspot.com/2008/10/pengertian-fasilitas-belajar.html (diunduh pada 4 desember 2016)

Samiaji, 2004. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi”, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VII, Denpasar Bali, 2-3 Desember 2004.

Sarlito W. Sarwono. (2012:86). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Siagian, Sondang, P, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : Andi, Yogyakarta

Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Tinggi Program Pascasarjana dan Profesi. 2011

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Suharman, 2005 : 23. Psikologi Kognitif, Surabaya: Srikandi.

Sunaryo. 2004 : 98. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC.

Tjiptono, Fandy, dan Chandra, Gregorius. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta

Vincent, Gezpers 1997. Manajemen Bisnis Total dalam Era Globalisasi. Jakarta : Penerbit PT.Gramedia

Vincent, Gezpers. 2007. Organizational Excellence, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Waidi. 2006 : 118. On Becoming A Personal Excellent. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta, Penerbit : Andi

Winardi, J. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widyastuti, dkk. 2004. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

SNA. 2-3 Desember. Hal 320-339.

Widiyanto, Ibnu. 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip, p.126




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i2.59

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics