Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri 2 Bitung

Incha Kristanty Japar, Henny N. Tambingon, Viktory N.J. Rotty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII, sekaligus melihat pengaruh kedua elemen tersebut secara bersamaan terhadap hasil belajar peserta didik. Data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bitung responden yang berkaitan dengan fasilitas belajar dan motivasi belajar dalam penelitian ini. Kemudian data tersebut dikumpulkan, diolah dan disajikan oleh peneliti. Data sekunder adalah data yang telah dahulu dikumpulkan dan dilaporkan orang atau instansi di luar peneliti. Data sekunder dalam penelitian ini meliputi dokumen raport semester genap pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMP Negeri 2 Bitung. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Bitung tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 492 orang dan sampel diambil dari 176 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, sebagai jawaban atas rumusan permasalahan dan tujuan penelitian, maka kesimpulan penelitian dapat dielaborasikan bahwa pertama, fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas VII pada Mata pelajaran Matematika. Ini berati semakin terpenuhinya fasilitas belajar semakin meningkat juga prestasi belajar siswa. Kedua, motivasi belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelasVII pada mata pelajaran Matematika. Berarti semakin tinggi motivasi belajar semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Ketiga, secara bersama-sama fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh postif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Bitung. Menunjukan bahwa untuk mencapai prestasi belajar yang baik dan tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan, maka harus didukung oleh fasilitas belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi.
Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi belajar Siswa, Mata Pelajaran Matematika, SMP Negeri 2 Bitung.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmadi, Abu dan Supriyono Widodo. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alimuddin. 2010. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada SMP Sinjai. Jurnal Penelitian Pendidikan: VOL. 10 NO. 1.

Amirin, Tatang M, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Arikanto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi

Revisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Asiabaka, Ihuoma P. “The Need for Effective Facility Management inSchools in Nigeria”. New York Science Journal. Department ofEducation Foundations and Administration, Faculty of Education, ImoState University, Owerri, Nigeria.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bafadal (2014), Ibrahim. 2013. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal (2014), Ibrahim. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Dalyono. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dapartemen Agama RI al-Qur’an dan Terjemahan: Juz 1-30, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah al-Qur’an.

Darmono. 2011. Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Daryanto. 2016. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Depdigbud. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Depdiknas. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5926

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics