Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Belajar Siswa SD YPW Krakatau Steel V Kota Cilegon

Aam Amaliyah, Rosdiana Rosdiana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar siswa di lingkungan pendidikan. Sarana prasana dan kualitas pelayanan diidentifikasi sebagai variabel independen, sedangkan kepuasan belajar siswa diidentifikasi sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Partisipan penelitian ini adalah siswa SD YPW Krakatau Seteel Kota Cilegon yang dipilih secara acak, jumlah sampel penelitian ini adalah 87 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik yang tepat, seperti regresi linear, untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa sarana prasarana dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa. Implikasi temuan ini mendukung pentingnya lingkungan belajar yang baik dan pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk meningkatkan kepuasan belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan manajemen sekolah dalam meningkatkan kualitas sarana prasarana dan pelayanan pendidikan. Disamping itu, temuan ini dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam bidang ini, serta memberikan wawasan kepada praktisi pendidikan untuk mengoptimalkan kondisi belajar siswa.
Kata Kunci : Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Belajar Siswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bancin, A., & Lubis, W. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam). EducanduM, 10(3), 62--69.

Fauzi, A., Gunawan, A., & Hendri, F. (2020). Strategi Pemasaran Jasa dan Layanan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MTs Negeri Kota Cilegon). Jurnal Akademika, 2(2), 177–199.

Ginanjar, M. H., Rahman, & Jundullah, M. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di SMA Al-MINHAJ Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(5), 103–118. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693

Gunawan, M. M., Abdurakhman, O., Kholik, A., Studi, P., Pendidikan, M., & Bogor, U. D. (2023). Manajemen kesiswaan dalam membentuk kepercayaan diri (self-confidence) peserta didik student management in forming self-confidence (self-confidence) students. 1(5), 485–505.

Kurniati, S. (2022). Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Implementasi bagi Pendidikan Karakter dalam Merdeka Belajar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(1), 60–74.

Lintar, H. L. (2023). Penggunaan Sarana Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 67–84. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.222

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221

Nasution, U., & Casmini, C. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 103–113. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651

Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.

Rahmania, N. C., Redjeki, E. S., & Widianto, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Didik pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.39620

Rulviana, V. (n.d.). Blended Learning Berbasis Edmodo Di Sekolah Dasar. Pics.Unipma.Ac.Id. http://pics.unipma.ac.id/content/download/B009_13_05_2022_03_44_183. jurnal buku blended learning.pdf

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Udju, A. H., Hawali, R. F., Nalle, E. S., Tamelab, M. F., & Potdon, D. Y. (2023). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Fatule’u Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 388–394. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i3.389




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5950

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics